Google Play Points Resmi Hadir di Indonesia, Beri Reward bagi Penggunanya

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 54 2497976 google-play-points-resmi-hadir-di-indonesia-beri-reward-bagi-penggunanya-PR3m5YQK8n.jpg Google Play Points. (Foto: Google)

GOOGLE Play Points resmi hadir di Indonesia. Google menghadirkan fitur terbarunya untuk para pengguna Android lewat Google Play Points. Ini menjadi sebuah program reward bagi pengguna Andorid dengan pemberian poin setelah melakukan pembelian produk di Google Playstore.

Google Play Points sebelumnya sudah dirilis terlebih dahulu di negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Online dengan Google 

"Google Play Points ini nantinya mencakup semua kegiatan yang dilakukan pengguna di Google Play mulai dari mengunduh games, atau buku, sampai film. Semua pengguna Android bisa bergabung dengan program ini, mulai hari ini bisa mendapatkan poin jika melakukan transaksi lewat Google Playstore," jelas Head of Brand and Reputation Google Indonesia Muriel Makarim dalam konferensi pers virtual, Jumat 5 November 2021.

Google Play Points. (Foto: Google)

Program reward ini tidak memerlukan biaya tambahan dan pengguna Android bisa langsung mengumpulkan poinnya dengan setiap aktivitas di Google Play-nya. Kehadiran Google Play Points di Indonesia didukung dengan kondisi masyarakat yang memiliki kegiatan aktif di ruang virtual, khususnya melalui ponsel pintar.

Terutama sejak pandemi covid-19 akses terhadap konten hiburan mulai dari buku digital, film, hingga gim meningkat drastis. Berdasarkan hasil rekapitulasi di mesin pencarian Google saja, kata kunci gaming meningkat lebih dari 200 persen selama pandemi covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Hasil Riset Google: Hampir 90% Password Orang Indonesia Mudah Dijebol 

Melalui fakta itu, Google ingin mendukung ekosistem gaming di Indonesia sehingga lewat Google Play Points pengguna Android bisa lebih produktif.

"Game adalah aspek penting di ekosistem developer dan kami senang sekali bisa menawarkan program ini untuk mendukung pertumbuhan mereka. Selain itu, kami juga ingin memperkaya pengalaman orang Indonesia di Play untuk mendorong perkembangan aplikasi seluler Indonesia, yang kami harap kemudian akan memperkuat komunitas developer lokal," kata Muriel, seperti dikutip dari Antara.

Setelah mendaftar dengan mudah, pengguna Google Play Points dapat memperoleh poin dengan cara lain seperti mengunduh aplikasi dan gim gratis yang tercakup dalam program.

Dengan Google Play Points, pengguna dapat menukarkan poin mereka untuk item dan diskon spesial di gim populer seperti “Free Fire”, “Mobile Legend”, “Memories: My Story, My Choice”, “Roblox”, atau menggunakannya sebagai Saldo Google Play untuk film, buku, dan aplikasi lainnya.

Baca juga: Peserta Rapat Berisik, Host Google Meet Kini Bisa Matikan Video dan Audionya 

Salah satu pengembang aplikasi game asal Indonesia Agate menyambut baik kehadiran Google Play Points dan menilainya sebagai langkah yang baik untuk kemudian menggenjot lebih banyak pengembang gim lainnya asal Tanah Air.

"Kami percaya potensi Google Play Points tidak terbatas karena bisa menghubungkan game kami dengan satu sama lain. Kami sangat berterima kasih atas kesempatan bekerja sama dengan Google Play Points dan kami siap menyambut kesuksesan bersama-sama," ujar CEO dan Co-Founder Agate International Arief Widhiyasa.

Baca juga: Google Play Akan Potong Biaya Aplikasi Sebesar 15 Persen 

Terhitung sejak hari ini anggota baru dapat memperoleh Google Play Points tiga kali lipat untuk setiap pembelian di Play Store di minggu pertama. Untuk mulai mendapatkan poin, cukup buka aplikasi Play Store di perangkat Android, ketuk menu Profil, ketuk Play Points, lalu klik Bergabung Gratis.

Program reward ini memiliki empat level yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum yang diakumulasi berdasarkan jumlah poin yang sudah dikumpulkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini