Heboh! Warganet Buru Alat Pencari Harta Karun di Toko Online

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 07 November 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 07 57 2497992 heboh-warganet-buru-alat-pencari-harta-karun-di-toko-online-t1McFcfPxt.jpg Ilustrasi alat pencari harta karun. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan ini alat pencari harta karun ternyata banyak diburu warganet di sejumlah toko online. Rupanya alat pemburu harta karun ditawarkan bebas di pasar online dan diminati banyak orang.

Dikutip dari Solopos, Minggu (7/11/2021), alat pencari harta karun yang ditawarkan tersebut menggunakan teknologi metal detector alias pendeteksi logam. Berbagai merek ditawarkan dengan deksripsi keunggulan beragam.

Baca juga: Mau Pakai Nama Meta, Facebook Harus Bayar Rp286 Miliar 

Seperti alat pendeteksi logam yang bentunya menyerupai senter ini. Alat yang diterangkan tahan air tersebut telah terjual 333 unit di e-commerce ternama.

Ilustrasi alat pencari harta karun. (Foto: Minelab)

Sistem operasi alat tersebut didukung sensivitas hingga lebih dari 3 sentimeter dan bisa digunakan dalam kondisi suhu udara -35 hingga 70 derajat Celsius. Alat ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi adanya logam di dalam tas.

Baca juga: NASA Siap Luncurkan Pesawat DART untuk Cegah Asteroid Tabrak Bumi 

Selanjutnya adalah perangkat detektor logam dan emas yang ukurannya lebih besar. Alat yang diterangkan telah laku 159 unit ini memiliki spesifikasi mampu mendeteksi emas di dalam tanah.

Dimensi perangkat ini didukung diameter detektor 6,5 inci. Alat ini disebut bisa mendeteksi benda metal di dalam tanah, lantai bahkan yang terpendam. Alat itu juga dikatakan bisa dipakai untuk memburu koin, emas, perak, dan benda besi lain di bawah tanah.

Masih banyak lagi jenis dan merek detektor logam yang ditawarkan di pasar online. Berbagai bentuk dan daya jangkau deteksi serta ragam harga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Dikutip daro laman Minelab, cara kerja detektor logam adalah mentransmisikan medan elektromagnetik dari kumparan pencarian ke dalam tanah. Benda logam atau benda yang ditargetkan akan menjadi energi dan mentransmisikan ulang medan elektromagnetik mereka sendiri.

Baca juga: Rasakan Nostalgia Game dengan Memainkan Strikers 1945-III di RCTI+ Sekarang 

Nah, transmisi ulang target tersebut menjadi umpan balik yang lazimnya ditangkap alat melalui pemberitahuan sebagaimana sistem yang digunakan masing-masing sesuai merek dan spesifikasi. Ada alat pendeteksi yang mampu memilah target dan memisahkan benda yang tak diinginkan.

Umumnya, memburu harta karun ditarfsirkan sebagai kegiatan mencari logam yang berada di tempat tertentu. Setiap pemburu memiliki pemetaan harta karun dan coba mengenali tantangan medan masing-masing, termasuk deteksi atas analisa adanya logam harta karun yang berada di dalam tanah.

Baca juga: Google Play Points Resmi Hadir di Indonesia, Beri Reward bagi Penggunanya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini