Google Doodle Hari Ini Hadirkan Sosok Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama Indonesia

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 08 November 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 54 2498262 google-doodle-hari-ini-hadirkan-sosok-roehana-koeddoes-wartawati-pertama-indonesia-ij6EjqOnq3.png Google Doodle hari ini menampilkan sosok Roehana Koeddoes. (Foto: Google)

TAMPILAN Google Doodle hari ini, Senin (8/11/2021), menghadirkan edisi khusus untuk mengenang sosok Roehana Koeddoes. Ia adalah wartawati pertama di Indonesia.

Roehana Koeddoes memiliki nama asli Siti Roehana. Ia lahir pada tanggal 20 Desember 1884 di kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat.

Baca juga: Heboh! Warganet Buru Alat Pencari Harta Karun di Toko Online 

Dibesarkan selama era ketika perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal, dia mengembangkan kecintaan membaca dengan membaca halaman-halaman surat kabar lokal dan berbagi berita lokal dengan teman-temannya pada usia 7 tahun.

Google Doodle Roehana Koeddoes. (Foto: Google)

Pada tahun 1911, Roehana meresmikan kariernya di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi perempuan.

Baca juga: Google Play Points Resmi Hadir di Indonesia, Beri Reward bagi Penggunanya 

Didirikan di kota kelahirannya, sekolah Koeddoes memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai dari pengajaran literasi bahasa Arab hingga moralitas.

Dia memperluas pengaruhnya setelah pindah ke Bukittinggi, sebuah kota besar di Sumatera Barat, dengan menjadi salah satu jurnalis wanita pertama di Indonesia. Di sana, Roehana memiliki peran kunci dalam merintis surat kabar wanita 'Soenting Melajoe'.

Sebagai yang pertama di Indonesia, publikasi ini secara langsung menginspirasi perkembangan beberapa surat kabar wanita Indonesia yang berpengaruh lainnya.

Sepanjang kariernya, Roehana terus menulis artikel yang mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme.

Baca juga: NASA Siap Luncurkan Pesawat DART untuk Cegah Asteroid Tabrak Bumi 

Bahkan beberapa tulisannya mendapatkan pengakuan secara nasional. Sebagian berkat perintis seperti Roehana, banyak yang menganggap perempuan dalam jurnalisme Indonesia lebih kritis dan berani dari sebelumnya.

"Doodle hari ini merayakan pendidik dan jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes, juara seumur hidup untuk kesetaraan dan kebebasan berekspresi perempuan," tulis Google dalam laman resminya.

Atas prestasi kepeloporannya Roehana Koeddoes itu, Pemerintah Indonesia menobatkannya sebagai pahlawan nasional pada hari ini di tahun 2019.

Baca juga: Mau Pakai Nama Meta, Facebook Harus Bayar Rp286 Miliar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini