SpaceX Akhirnya Tetap Dapatkan Kontrak NASA

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 08 November 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 56 2498410 spacex-akhirnya-tetap-dapatkan-kontrak-nasa-VfBUr8TjeK.jpg SpaceX (Foto: USS Feed)

RUPANYA Blue Origin, perusahaan penerbangan milik Jeff Bezos, kalah dalam gugatan yang diajukan ke NASA atas pemberian kontrak pendaratan di Bulan.

Sebelumnya, Jeff Bezos merasa NASA tidak adil ketika memberikan kontrak miliaran dolar pada SpaceX untuk membuat sistem pendaratan di Bulan. Dan Blue Origin, ia melancarkan gugatan hukum.

 SpaceX

Seperti yang diketahui, pada bulan April, NASA mengumumkan bahwa mereka telah memilih SpaceX untuk mengembangkan Sistem Pendaratan Manusia (HLS) awal untuk program Artemis-nya, yang bertujuan untuk mengirim astronot kembali ke bulan dalam beberapa tahun ke depan.

SpaceX mengalahkan dua grup swasta lainnya yakni Blue Origin dan Dynetics untuk kontrak senilai $2,9 miliar, demikian dikutip dari Space.

Protes dan gugatan membuat SpaceX dan NASA mandek dalam menyelesaikan banyak pekerjaan di bawah kesepakatan HLS, yang ingin dipenuhi perusahaan.

Namun dengan keputusan akhir dari pengadilan, membuat rencana-rencana yang sempat tertunda akan berjalan kembali.

 Baca juga: Geger! Pangeran William Sentil Jeff Bezos Cs Berlomba-lomba ke Luar Angkasa, Lebih Baik Perbaiki Bumi

Jeff Bezos sendiri menyatakan rasa kecewa tapi juga mengucapkan selamat. Melalui cuitan Twitternya Bezos mengatakan" Ini bukan keputusan yang kami inginkan, tapi kami menghormati keputusan pengadilan dan kami berharap kesuksesan penuh NASA dan SpaceX dalam kontrak ini."

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini