Hari Pahlawan, Google Doodle Menampilkan Sosok Ismail Marzuki

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 54 2499431 hari-pahlawan-google-doodle-menampilkan-sosok-ismail-marzuki-FY3UfzgwiO.png Google Doodle di Hari Pahlawan ini menampilkan sosok Ismail Marzuki. (Foto: Google)

GOOGLE Doodle turut memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/11/2021). Mereka pun menampilkan sosok pahlawan nasional Ismail Marzuki di halaman depan perambannya.

Komponis Ismail Marzuki tampil di halaman utama mesin pencarian Google Doodle hari ini. Ilustrasi gambar tersebut merupakan hasil karya artis tamu yang berbasis di Indonesia Ykha Amelz.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Hadirkan Sosok Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama Indonesia 

Dalam tampilan Google Doodle hari ini terlihat Ismail Marzuki memakai kemeja putih, berdasi biru, dan memainkan biola.

Ismail Marzuki sendiri diketahui lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, pada 11 Mei 1914. Ketika itu wilayah tersebut berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda.

Ismail Marzuki.

Meskipun kala itu profesi musisi belum umum di Indonesia, Ismail Marzuki tumbuh dengan terus berlatih hingga 5 jam sehari untuk menguasai delapan instrumen yakni harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Pada usia 17 tahun, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan dihasilkan sepanjang kariernya.

Baca juga: Kate Middleton dan Pangeran William Cari Admin Media Sosial, Berminat? 

Nama Ismail Marzuki sendiri diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta, yaitu Taman Ismail Marzuki (TIM) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Taman tersebut diresmikan pada 10 November 1968 dan berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, dan film.

Lagu-lagu Marzuki menangkap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketangguhan bangsa melalui melodi yang melambung.

Dia mengisi hati orang Indonesia dengan kebanggaan selama bertahun-tahun dengan menyiarkan lagu-lagunya (sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan) di radio.

Baca juga: Facebook Uji Fitur Penghasil Uang untuk Content Creator 

Pada tahun 1955, Ismail Marzuki menjadi pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilu pertama di Indonesia.

Guna menghormati kontribusi budayanya, Pemerintah Indonesia menobatkan Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004.

Baca juga: Cara Record Google Meet, Disimak Yuk! 

Hari ini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Marzuki di TIM, yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

"Ini untukmu Ismail Marzuki. Terima kasih telah menulis lagu untuk kemerdekaan Indonesia," tulis Google seperti dikutip dari laman resminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini