4 Astronot NASA Berhasil Mendarat di Bumi

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 56 2499474 4-astronot-nasa-berhasil-mendarat-di-bumi-SuN8dm3UWW.jpg Astronot (Foto: BBC)

EMPAT astronot dengan selamat kembali ke Bumi. Mereka kembali setelah rekor enam bulan misi sains NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dengan menggunakan kapsul SpaceX Crew Dragon, mendarat di Teluk Meksiko.

Kapsul yand dijuluki Endeavour, diterjunkan ke laut lepas pantai Florida seperti yang direncanakan tepat setelah pukul 22:30. EST pada hari Senin (0330 GMT Selasa), setelah masuk kembali melalui atmosfer Bumi yang dibawa langsung oleh webcast NASA.

 Astronot

Pencitraan video termal inframerah waktu nyata menangkap sekilas kapsul yang melesat seperti meteor di langit malam di atas Teluk beberapa menit sebelum jatuh.

"Endeavour, atas nama SpaceX, selamat datang di rumah planet Bumi," sebuah suara dari pusat kendali penerbangan SpaceX di pinggiran kota Los Angeles terdengar memberi tahu kru saat pendaratan yang aman dikonfirmasi, dikutip dari Reuters, Rabu (10/11/2021).

"Senang bisa kembali," salah satu astronot menjawab melalui radio.

Kembalinya 4 astonot itu ke Bumi setelah mereka mencapai 199 hari penuh di orbit. Ini adalahwaktu terpanjang yang pernah ada untuk seluruh kru yang diluncurkan AS, menurut Kathy Lueders, kepala asosiasi NASA untuk operasi luar angkasa.

Waktu tinggal mereka di orbit melampaui rekor 168 hari sebelumnya yang ditetapkan oleh misi pendahulunya SpaceX-NASA awal tahun ini.

Baca juga: China Kirim 3 Astronot ke Luar Angkasa dengan Durasi Waktu yang Lama

Dalam waktu satu jam setelah pendaratan, kapsul diangkat dari laut ke dek kapal pemulihan, dan keempat astronot terlihat keluar satu per satu dari palka Endeavour.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini