Keren, Google Kisahkan Kerajinan Jam Tangan Kayu Produk Bandung

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 14 November 2021 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 57 2501453 keren-google-kisahkan-kerajinan-jam-tangan-kayu-produk-bandung-9MH3GZm8u7.jpg Jam tangan kayu mendapat soratan dari Google (foto: matoa-indonesia.com)

BANDUNG - Google, raksasa teknologi mengisahkan sebuah usaha kerajinan jam tangan terbuat dari kayu buatan Bandung, Jawa Barat. Jam tangan kayu dengan merek Matoa tersebut disebut berhasil tembus 90% penjualan via online dan meraih pelanggan mancanegara.

Dikutip dari Solopos, Sabtu (13/11/2021), kisah sukses merek itu ditulis dalam laman referensi pada web Google. Laman tersebut berisi layanan Google Ads atau iklan google berikut kelengkapan tahap serta manfaat beriklan.

Google menyebut iklan Matoa menerima hampir 15,5 juta tayangan dan lebih dari 40.000 klik per bulan di platforms Google. “Bagian terbaiknya? Hampir sepertiga klik ini berkonversi menjadi penjualan online untuk Matoa,” sebut Google.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Google Doodle Menampilkan Sosok Ismail Marzuki

Baca Juga: Google Messages Bisa Kirim Video dari Photos

Matoa didirikan oleh Lucky D. Aria pada 2010. Jam tangan hasil daur ulang kayu keras itu dipasarkan lewat pameran skala kecil di Bandung pada 2011. Dengan bantuan teman, founder jam tangan tersebut serius menggarap data dan referensi pasar melalui kerjasama iklan online Google.

Sasaran yang dibidik Matoa adalah brand awareness sekaligus mendorong penjualan via situsnya. Langkah itu diawali dengan memperkenalkan ke audiens pada situs dan aplikasi jaringan Google.

Matoa menggunakan iklan penelusuran untuk menargetkan generasi milenial, memastikan iklannya akan tampil saat audiens target ini menelusuri kata kunci yang terkait dengan produk mereka. Strategi tersebut dikatakan mampu meningkatkan penjualan 160% pada 2016.

Kini, 90% pemesanan penjualan Matoa berasal dari situsnya. Matoa juga disebut sudah melayani pelanggan mancanegara, yakni di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Sebagai informasi, banyak platform yang menyediakan layanan iklan dengan penargetan tertentu. Penargetan tersebut diikuti dengan beberapa langkah untuk mengarahkan pembelian produk.

Cara berjualan online melalui kerja sama iklan online seperti ini banyak digunakan pelaku usaha dewasa ini. Untuk itu, pemahaman terhadap data konsumen menjadi barang mahal seiring transaksi online menjadi budaya baru bagi warga dalam hal berbelanja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini