3 Cara Mudah Menghapus Aplikasi di Windows 10, Dicoba Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 15 November 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 57 2501927 3-cara-mudah-menghapus-aplikasi-di-windows-10-dicoba-yuk-boPm5eAI19.jpg Menghapus aplikasi (Foto: John lewis)

3 cara mudah menghapus aplikasi di Windows 10 sebaiknya perlu diketahui. Apalagi menghapus atau uninstall program merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar performa PC Windows Anda jadi semakin cepat dan lancar saat dioperasikan.

 menghapus aplikasi

Lalu bagaimana caranya?

1. Pakai Control Panel

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi yakni melalui Control Panel. Caranya sejatinya tak jauh berbeda dengan versi Windows yang terdahulu. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menghapus aplikasi yang diinstall dari Store pada Control Panel.

1. Jalankan Control Panel. Cara termudah adalah dengan mengetikkan Control Panel pada kolom pencarian Start menu atau taskbar. Kemudian, tekan tombol Enter.

2. Usai Control Panel terbuka, klik opsi Uninstall program untuk menghapus sebuah program. Jika Control Panel Anda menggunakan tampilan small icons, klik opsi Program and Features.

3. Kemudian klik kanan pada program yang ingin Anda uninstall dari PC Windows 10 Anda, kemudian klik tombol Uninstall. Lalu klik tombol Yes jika Anda melihat kotak konfirmasi. Setelah di-uninstall, beberapa program akan meminta Anda untuk me-restart PC Anda. Reboot PC Anda setelah proses uninstall selesai dilakukan.

2. Pakai program klasik lewat Settings

Sebenarnya aplikasi Settings pada Windows 10 membuat Anda lebih mudah untuk uninstall aplikasi yang didapat dari Windows Store dan juga program klasik bawaan Windows. Berikut ini cara untuk meng-uninstall program melalui Settings.

1. Buka Start menu, kemudian klik pada ikon Settings untuk membuka aplikasi Settings. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan hotkey logo Windows dan huruf I (Logo Windows + I) untuk menjalankan aplikasi Settings dengan cepat.

2. Klik pada ikon pertama yang diberi label System.

3. Klik Apps dan features untuk melihat semua aplikasi yang telah terinstall dari store dan juga program desktop klasik.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Background Foto, Dicoba Yuk!

3. Pakai menu start

Menghapus aplikasi Windows 10 lewat menu Start merupakan cara yang termudah. Caranya, klik menu Start Gulirkan panel Start ke bawah untuk cari aplikasi atau program yang ingin di-uninstall Klik kanan ikon aplikasi.

Setelah itu, klik "uninstall" dari menu yang muncul Konfirmasi dengan klik "uninstall" lagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini