Sukseskan Program HUB.ID, Kominfo Gandeng 4 Universitas Top Dunia

Hasyim Ashari, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 54 2503228 sukseskan-program-hub-id-kominfo-gandeng-4-universitas-top-dunia-WNjohyrjhh.jpg Startup digital (Foto: Decode magazine)

MENTERI Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Johnny G. Plate mengklaim telah bekerja sama dengan empat universitas ternama di dunia untuk menyukseskan program HUB.ID. Ini juga untuk membangkitkan gairah industri Startup Digital di Indonesia. Hal tersebut ia ungkapkan melalui acara Demo Day yang berlangsung di Hotel Mulia Senayan, Rabu (17/11/2021).

Empat universitas ternama di dunia tersebut diantaranya ialah National Univercity of Singapore, Tsinghua Univercity China, Oxford Univercity Inggris, Harvard Kennedy School di Amerika Serikat. Selain itu, Johnny menyebut bahwa program HUB.ID sudah melibatkan sebanyak 300 peserta setiap tahunnya.

 program HUB.ID

“Untuk mendorong Start Up Founders di seluruh Indonesia itu ada sekitar 300 peserta dan bekerja sama dengan empat universitas ternama di dunia yaitu National Univercity of Singapore, Tsinghua Univercity China, Oxford Univercity Inggris, Harvard Kennedy School di Amerika Serikat,” kata Johnny, Rabu (17/11/2021).

Oleh sebab itu, Menkominfo Johnny berharap agar program HUB.ID ini sukses dan berjalan lancar, tentunya tidak hanya didukung melalui pemerintah saja tetapi juga seluruh ekosistem termasuk dunia usaha mulai dari media telekomunikasi dan lembaga-lembaga pembiayaan juga ikut mendukung.

“Kami harapkan bahwa program ini tidak hanya didukung oleh pemerintah untuk menghasilkan digital talent start up, tetapi juga seluruh ekosistem termasuk diantaranya dunia usaha mulai dari media telekomunikasi digital dan lembaga-lembaga pembiayaan untuk ambil bagian mendorong agar potensi digital di Indonesia ini tumbuh,” harap Jhonny.

Setelah rangkaian kegiatan yang menunjang penguatan bisnis start up digital tersebut, para insan startup digital dipertemukan dengan para investor dari Venture Capital, Angel Investor, baik dalam dan luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan peluang investasi yang telah menjalani rangkaian business matchmaking dengan para mitra HUB.ID.

 Baca juga: Kominfo Blokir 4.874 Fintech Ilegal, Termasuk Aplikasi Pinjol yang Meresahkan

Untuk itu, Johnny memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah menciptakan sebuah ide atau gagasan yang bagus yang sangat dibutuhkan ke depannya oleh Indonesia. Menurutnya, pengembangan industry Start Up digital di Indonesia akan terus tumbuh ke depannya.

“Saya baru saja menyaksikan demo tadi, mereka sangat luar biasa, sangat inovatif, gagasan idenya yang bagus-bagus. Ide mereka sangat dibutuhkan oleh Indonesia. Saya berharap pengembangan industry Startup digital di Indonesia terus bertumbuh ke depannya,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini