Basmi Akun Bot, Instagram Minta Verifikasi dengan Video Selfie Pengguna

Yudi Setyowibowo, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 57 2503133 basmi-akun-bot-instagram-minta-verifikasi-dengan-video-selfie-pengguna-YWXQqaFaNt.jpg Instagram (Foto: UX planet)

INSTAGRAM meminta beberapa pengguna untuk memberikan video selfie yang menunjukkan berbagai sudut wajah mereka. Ini dilakukan untuk memverifikasi bahwa mereka adalah benar-benar pengguna.

Dikutip dari The Verge, Rabu (17/11/2021), jejaring sosial telah lama berjuang membasmi akun bot yang dapat meninggalkan pesan spam, melecehkan orang, atau digunakan untuk meningkatkan jumlah like dan follower.

 Instagram

Menurut konsultan media sosial Matt Navarra, kemungkinan Meta mencoba fitur ini untuk membantu mengantisipasi prevalensi akun bot di platformnya.

Menurut Pengembang XDA, perusahaan mulai menguji fitur tersebut tahun lalu tetapi mengalami masalah teknis. Beberapa pengguna telah melaporkan diminta untuk mengambil video selfie untuk memverifikasi akun mereka.

Konsultan media sosial lainnya, Bettina Makalintal memposting tangkapan layar mengenai cara pengguna Instagram mengambil video selfie. Ini menegaskan bahwa Instagram benar-benar memperkenalkan video selfie untuk melakukan verifikasi pengguna.

Tidak jelas apakah fitur ini sedang diuji atau diluncurkan secara perlahan. Meta sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang fitur atau peluncurannya.

Langkah ini mungkin mengejutkan beberapa orang, mengingat pengumuman Meta baru-baru ini bahwa perusahaan akan mematikan salah satu fitur Pengenalan Wajahnya.

Namun, perusahaan hanya mematikan fitur Facebook tertentu, bukan penggunaan pengenalan wajah Meta secara keseluruhan.

 Baca juga: Instagram Uji Fitur Berlangganan, Cocok bagi Kreator Konten Cari Uang

Pesan di bagian bawah tangkapan layar juga menyiratkan bahwa fitur tersebut tidak akan menggunakan pengenalan wajah sama sekali dan bahwa video akan dihapus setelah 30 hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini