Dukung Pembuat Konten Lakukan Live, Instagram Luncurkan Fitur Badges

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 54 2503544 dukung-pembuat-konten-lakukan-live-instagram-luncurkan-fitur-badges-8KyVNBjMJs.jpg Ilustrasi Instagram Badges. (Foto: Shutterstock)

LAYANAN media sosial Instagram mendapat pembaruan. Mereka baru saja resmi meluncurkan fitur baru bernama Badges. Ini memungkinkan pengikut (followers) untuk membayar dan mendukung pembuat konten di Instagram Live.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, Instagram akan mengizinkan pembuat konten yang memenuhi syarat di platform untuk mengajukan fitur Badges. Setelah diterima, penonton atau pengikut akan dapat membeli "Lencana" selama streaming langsung kreator untuk mendukung mereka secara finansial.

Baca juga: Instagram Uji Fitur Berlangganan, Cocok bagi Kreator Konten Cari Uang 

Instagram. (Foto: Shutterstock)

Badges akan tersedia dalam tiga level berbeda yaitu seharga USD0,99 dolar (Rp14.058), USD1,99 dolar (Rp28.259), atau USD4.99 dolar (Rp70.862). Pilihan level ini akan muncul sebagai satu, dua, atau tiga hati di samping nama pemberi komentar selama streaming berlangsung.

Badges nantinya ditampilkan lebih jelas kepada pembuat konten, dan nama Instagram mereka akan muncul di daftar yang dapat dilihat oleh pembuat konten hingga 90 hari. Instagram juga menyatakan tidak akan ada pemotongan pendapatan apa pun yang dibayarkan ke pembuat konten hingga tahun 2023. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Facebook dan Instagram Hapus Hampir 34 Juta Konten, Ternyata Ini Penyebabnya 

Meskipun fitur baru tersebut telah diluncurkan di Amerika Serikat, tidak setiap pengguna Instagram dapat membuat penonton atau pengikut mereka mulai membeli Badges. Kreator yang memenuhi syarat harus berdomisili di negara tersebut, berusia 18 tahun, memiliki akun kreator atau bisnis di platform, serta memiliki setidaknya 10 ribu pengikut.

Tidak hanya itu, mereka juga harus mematuhi berbagai kebijakan dan pedoman Instagram termasuk kebijakan Monetisasi Mitra, Kebijakan Monetisasi Konten, serta Pedoman Komunitas.

Baca juga: Instagram Kembali Rilis Fitur Preview di Twitter 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini