Mengenal HUB.ID, Wadah Milenial untuk Bangkitkan Industri Startup Digital

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 54 2503697 mengenal-hub-id-wadah-milenial-untuk-bangkitkan-industri-startup-digital-HijENMPF1r.jpg HUB.ID (Foto: Ist)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika baru saja merampungkan kegiatan peluncuran program HUB.ID yang merupakan gagasan untuk mendorong industri Startup Digital melalui acara Demo Day. Acara tersebut berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 17 hingga 18 November 2021.

Menurut keterangan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plat, Kominfo mengambil peran sebagai stimulus atau ujung tombak untuk mendorong dan meningkatkan industri Startup Digital di Indonesia. selain itu, Kominfo juga memberikan fasilitas kepada para milenials untuk berinovasi membangun bisnis Start up digital.

 HUB.ID

“Kominfo sendiri menggagas program tersebut dalam rangka membangkitkan serta mendorong tumbuhnya Start Up Digital yang ada di Indonesia. Selain itu, Kominfo juga memberikan kesempatan kepada milenials untuk berinovasi menciptakan sebuah Start Up yang dibutuhkan oleh Indonesia,” tutur Johnny G. Plate belum lama ini.

Melalui program HUB.ID melibatkan 43 start up digital yang lolos kurasi dan mengikuti serangkaian proses. Pada hari pertama terdapat 23 startup presentasi dan terdiri dari tiga sektor bisnis yaitu pertanian dan perikanan, kesehatan, dan pendidikan.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan keterampilan literasi digital, Menkominfo Johnny mengungkapkan bahwa penyelenggaraan program ini telah melibatkan lebih dari 12,5 juta rakyat dari seluruh pelosok tanah air yang terdiri 34 provinsi dan 514 Kabupaten di Indonesia serta membuka 100 ribu kesempatan bagi milenials.

“Tahun ini saja gerakan nasional literasi telah melibatkan lebih dari 12,5 juta rakyat dari seluruh pelosok tanah air yang terdiri dari 34 provinsi dan 534 Kabupaten di Indonesia. Lalu, untuk basic digital skill menyediakan sekitar 100 ribu kesemapatan bagi milenial,” jelas Johnny.

 Baca juga: Menkominfo Berharap Lahir 1 Startup Decacorn Lagi

Rencananya, Kominfo akan menargetkan untuk membangun sekitar 25 buah startup digital di Indonesia dalam lima tahun ke depan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu, Johnny berharap melalui program HUB.ID ini dapat memperluas peluang untuk mempercepat pertumbuhan start up digital di Indonesia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini