3 Mitos saat Gerhana Bulan, Apa Saja?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 56 2504417 3-mitos-saat-gerhana-bulan-apa-saja-YzkSHCi16A.jpg Gerhana bulan (Foto: Space)

HARI ini terjadi gerhana bulan sebagian terlama. Kenapa disebut terlama? Sebab Gerhana Bulan Sebagian akan berlangsung sekitar 3 jam 28 menit. Seru kan!

Nah, ternyata menghadapi gerhana bulan itu banyak mitos yang beredar. Jadi mitos itu bukan hanya di zaman kuno saja. Lalu apa saja mitos gerhana bulan di seluruh dunia?

 gerhana bulan

1. Bulan Dimakan Makhluk Magis

Bulan akan tampak seperti dimakan, dipotong, atau digigit karena sebagian akan berwarna hitam. Sementara, pada keyakinan mitologi kuno, bulan yang tampak sebagian hitam tersebut hilang karena dimakan serigala, agar serigala takut dan memuntahkan sebagian bulan, maka masyarakat akan membuat suara gaduh di rumah-rumah. Adapun masyarakat yang masih mempercayai mitos ini adalah Tiongkok.

 

2. Makanan Terpapar Racun saat Gerhana Bulan

Nah, mitos ini dipercaya oleh sebagian besar masyarakat India. Mereka menolak untuk makan ketika gerhana bulan merah terjadi. Masyarakat India juga menghindari memasak saat gerhana bulan merah terjadi, karena menganggap makanan yang ada saat gerhana sudah terpapar racun mematikan. Namun, tidak hanya India saja yang mempercayai mitos ini, sebab

 Baca juga: Gerhana Bulan Terpanjang dalam Seabad Terjadi Hari Ini, Begini Cara Melihatnya

3. Wanita Hamil Tak Boleh Keluar Selama Gerhana Bulan

Wanita hamil sering disarankan untukdi dalam rumah saja. Mereka dilarang keluar rumah karena Gerhana Bulan diyakini memengaruhi kesehatan anak yang belum lahir dan dapat menyebabkan kelainan bentuk. Namun ini semua hanya mitos saja, jangan terlalu terpengaruh.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini