Spotify Gratiskan Lirik Lagu bagi Semua Penggunanya

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 57 2504165 spotify-gratiskan-lirik-lagu-bagi-semua-penggunanya-dZZvDChMqz.jpg Spotify (Foto: Tech unwrapped)

PENGGUNA Spotify yang berbayar dan tidak berbayar, mulai sekarang aplikasi musik itu sudah menggratiskan fitur lirik lagu di semua koleksi yang mereka miliki.

Jadinya semua pengguna bisa mengakses fitur itu dan bisa bernyanyi berkat panduan lirik lagu yang tersedia.

Liriknya sendiri disediakan oleh Musixmatch, yang mengklaim sudah menyiapkan lirik untuk "lebih dari 8 juta" judul lagu.

 spotify

Menariknya lagi lirik lagu itu bisa diakses tidak hanya pada ponsel pintar saja. Platform lainnya seperti komputer desktop, konsol game dan TV pintar sudah bisa mendapatkan lirik lagu di Spotify.

Selain menggunakan lirik untuk dinyanyikan sendiri, ada juga hal lain yang memungkinkan pengguna Spotify membagikan lirik yang mereka sukai ke media sosial. Spotify mengatakan fitur itu akan tersedia di "mayoritas" koleksi lagu yang mereka miliki.

Penyediaan lirik di Spotify diketahui memiliki cerita unik. The Verge menyebutkan, Spotify awalnya memang kerja bareng Musicmatch dalam penyediaan lirik lagu. Hanya saja pada 2016 kerja sama itu kemudian bubar dan Spotify mengajak Genius untuk melakukan hal yang sama.

Hanya saja saat itu banyak pengguna yang merasa tidak nyaman dengan lirik yang disediakan Genius. Pasalnya lirik itu hanya bisa diakses di beberapa negara saja. Negara yang tidak kebagian mendapatkan lirik hanya bisa puas mendapatkan deskripsi lagu yang didengarkan.

 Baca juga: Spotify Siapkan Fitur Buku Audio Usai Akuisisi Findaway

Kini Spotify balik lagi dengan Musicmatch untuk penyediaan lirik. Kabar baiknya lirik itu bisa diakses oleh semua pengguna. Tidak hanya pengguna berbayar tapi juga yang gratisan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini