Roket LV0007 Akhirnya Berhasil Mencapai Orbit

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 22 November 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 56 2505617 roket-lv0007-akhirnya-berhasil-mencapai-orbit-bljYo3ztMK.jpg Roket (Foto: SpaceX)

PERUSAHAAN antariksa milik swasta, Astra akhirnya sukses meluncurkan Roket LV0007. Roket LV0007 yang membawa muatan uji untuk militer AS ini lepas landas dari Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik di Pulau Kodiak, Alaska kemarin.

Usai lepas landas, roket itu mencapai orbit sekitar 9 menit kemudian pada ketinggian 500 km di atas Bumi.

 Roket

“Tim kami bekerja sangat keras agar hal ini berhasil selama bertahun-tahun,” kata CEO Astra Chris Kemp seperti dilansir dari The Verge.

“Kami memiliki nomor seri roket delapan, sembilan, 10 dalam produksi, jadi kami baru saja memulai,” katanya.

Sebelumnya peluncuran dilakukan beberapa kali. Namun sayangnya gagal mencapai orbit.

Upaya peluncuran pertamanya terjadi dalam kompetisi DARPA pada Maret 2020, yang menguji kemampuan perusahaan roket untuk menanggapi permintaan dari militer AS. Astra tidak dapat meluncurkan roketnya karena masalah teknis.

Namun tak menyerah, Astra berusaha kembali mencapai orbit, tetapi masalah dengan sistem panduan roket membuat Astra mempersingkat penerbangan.

Tiga bulan kemudian, Astra mencapai ruang angkasa untuk pertama kalinya dengan peluncuran Roket 3.2. Namun. tidak berhasil meluncur ke orbit akibat kehabisan bahan bakar.

Nah, upaya terbaru Astra adalah pada Agustus 2021. Kegagalan mesin menyebabkan LV0006 meluncur melintasi landasan saat lepas landas, dan roket hanya mencapai ketinggian 31 mil sebelum akhirnya dihentikan peluncurannya.

 Baca juga: SpaceX Berhasil Uji Coba Sistem Parasut Mark 3

Namun keberhasilan penerbangan kali ini, membuat Astra bergabung dengan Virgin Orbit, SpaceX, dan Rocket Lab sebagai salah satu dari sedikit perusahaan AS yang telah mencapai orbit dengan roket milik pribadi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini