Usaha Kemenkominfo Akselerasi Pengembang Game Indonesia

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 326 2506085 usaha-kemenkominfo-akselerasi-pengembang-game-indonesia-YYL3CC6kHZ.jpg Main game (Foto: Tech radar)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengakselerasi pengembangan industri game di Indonesia dengan pemanfaatan potensi pasar dan keragaman budaya sebagai inspirasi

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangerapan mengharapkan, Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021 menjadi akselelator bagi pengembang game dalam meningkatkan kualitas produk dan bisnis.

main game

Ia berharap IGDX dengan kekuatan mentoring dan bussiness mixed making-nya, dapat menjadi menjadi akselerator meningkatkan kualitas produk dan bisnis serta mendorong terwujudnya sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak.

Menurut Semuel, pelaksanaan IGDX 2021, lebih dari 40 pengembang game lokal bertemu dengan lebih dari 100 pelaku industri gim melalui platform meet to match virtual.

"Dengan semangat yang dibawa oleh IGDX, yakni Grow Your Game Studio, saya mengucapkan selamat kepada 24 developer game Indonesia yang telah mengikuti IGDX Academy dalam 3 bulan ini," ujarnya dikutip dalam keterangan pers, Selasa (23/11/2021).

Lebih lanjut, kata Semuel, dengan pengalaman mendapatkan mentoring dari praktisi industri game global, diharapkan dapat memperkuat strategi bisnis untuk meningkatkan kesuksesan atas game yang akan dirilis pada waktu mendatang.

Jika dilihat, lanskap digital Indonesia menunjukkan potensi besar atas perkembangan ekosistem game nasional.

"Jumlah pengguna internet Indonesia sudah mencapat 202,6 juta. Ini setara dengan 73% dari populasi Indonesia. Dengan durasi akses internet mencapai 9 jam setiap hari, ini adalah potensi digital yang patut kita manfaatkan terutama dalam menghasilkan game nasional yang berkualitas," tuturnya.

Sementara di sisi lain, Indonesia juga memiliki kekayaan dan keberagaman penduduk. Kondisi itu juga membawa Indonesia memiliki lebih dari 1.000 suku bangsa.

"Ada 801 bahasa daerah dan begitu banyak cerita kerajaan, cerita rakyat, dan nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan inspirasi dalam membuat game," sebut Semuel.

Baca juga: Anda Masih Punya Kesempatan Dapat Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah, Simak Artikel Berikut untuk Mengetahui Caranya

Baginya kombinasi antara lanskap digital dan potensi sumber cerita lokal itu akan dapat menjadi faktor yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan lagi potensi ekonomi digital game lokal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini