Pelaksanaan ASO 2022 Perlu Pertimbangkan Kesiapan Masyarakat

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 54 2506244 pelaksanaan-aso-2022-perlu-pertimbangkan-kesiapan-masyarakat-Fs0s705yuM.jpg Nonton TV (Foto: Medium)

SAAT ini Indonesia sedang menuju penyiaran babak terbaru dengan beralih ke siaran TV digital. Pemerintah sendiri telah menetapkan jadwal migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) yang dimulai tahun 2022.

Membahas soal ASO ini, Head of Regulatory & Compliance MNC Media Yusra Oktavina menjelaskan, MNC Grup termasuk RCTI di dalamnya sepenuhnya mendukung digitalisasi penyiaran ini.

 Yusra

"Kami saat ini telah bersiaran simultan di berbagai wilayah di indonesia dan siap untuk memenuhi tahap satu ASO yang akan dilaksanakan April 2022," ujarnya saat webinar Hari TV Sedunia: Siaran TV Digital di Mata Dunia, Selasa (23/11/2021).

Namun di satu sisi, pelaksanaan ASO seharusnya mempertimbangkan kesiapan masyarakat yang masih menggunakan perangkat TV analog. Dan juga mereka yang tidak mempunyai kemampuan finansial untuk membeli TV digital atau Set Top Box (STB).

 Baca juga: Indonesia Bakal Jadi Negara Tercepat di Dunia Migrasi TV Analog ke Digital

"Jangan sampai kita memenuhi tahapan ASO itu, tapi masyarakat yang tadinya masih menerima siaran analog bintik-bintik, tapi karena ASO terburu-buru sehingga pelaksanaannya tidak siap itu sehingga masyarakat tidak menerima siaran TV sama sekali." pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini