Waspadalah! Fitur Add Yours di Instagram Rentan Dipakai untuk Penipuan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 57 2506721 waspadalah-fitur-add-yours-di-instagram-rentan-dipakai-untuk-penipuan-qvXrMYyPv2.jpg Fitur add yours (Foto: Inst)

INSTAGRAM diketahui baru saja meluncurkan stiker Add Yours atau Balasan Anda ke pengguna di Indonesia. Kehadiran stiker baru ini langsung menjadi tren di kalangan pengguna Instagram.

Namun sayangnya, belakangan bahasan soal tren 'Add Yours' ini dipakai untuk penipuan. Tidak sedikit pengguna yang terjebak memberikan data pribadi lewat Instagram Stories sehingga membuat tangan-tangan jahil mengetahuinya.

 Instagram

Salah satunya diungkap melalui tweet yang viral dari @ditamoechtar_. Ia mengungkapkan temannya jadi korban penipuan karena mengikuti tren Add Yours dan memberikan nama panggilan pribadinya.

"Pagi tadi temen saya telepon, nangis-nangis abis ditipu katanya. Biasalah penipu yang telepon minta transfer gitu," tulisnya seperti dikutip dari akun Twitter-nya.

Setelah diingat kembali, ternyata temannya baru saja mengikuti tantangan variasi panggilan nama yang ada di Instagram Stories lewat fitur stiker Add Yours.

"Yang bikin teman saya percaya, si penipu manggil dia 'pim'. 'Pim' adalah panggilan kecil teman saya yang hanya orang dekat yang tau. Terus diingat dia abis ikutan ini." terangnya.

Tweet ini kemudian mendapat banyak tanggapan dari para warganet. Mereka banyak yang mempertanyakan tentang orang yang mengungkap data pribadi mereka lewat fitur Add Yours.

"Challenge minta sebut selisih usia dengan pasangan, malah nulis tanggal bulan tahun lahir," kata seorang warganet.

"Nunggu challenge foto selfie sama ktp nya aja nih yang belum,"ujar yang lain.

"Ikutan ginian sebenernya gaada salahnya, tapi jangan yang menyangkut hal-hal privasi aja gitu, kalau hal umum sih santai aja, harus milih-milih juga," tutur yang lain.

 Baca juga: Bahaya di Balik Fitur Stiker Add Yours Instagram

"Harusnya yang gini tuh buat lucu lucuan aja, ga perlu sesuai yang sebenarnya,"

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini