Melindungi Ponsel dari Spyware, Jangan Sembarang Instal Aplikasi

Dini Listiyani, Jurnalis · Senin 29 November 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 57 2509068 melindungi-ponsel-dari-spyware-jangan-sembarang-instal-aplikasi-EcBAY23EI3.jpg Spyware (Foto: India TV)

JIKA ponsel terkena spyware, maka kondisi dalam keadaan bahaya. Sebab spyware bisa mengintai data digital kita di dunia maya.

Spyware seringkali digunakan untuk mencuri data-data pribadi pengguna ponsel. Salah satunya PhoneSpy yang ditemukan bersembunyi di 23 aplikasi Android.

 Spyware

Spyware bernama PhoneSpy ini mencuri data, pesan, gambar, dan bahkan memberikan kendali jarak jauh dari ponsel yang terinfeksi kepada penjahat.

Nah, aplikasi yang membawa PhoneSpy tidak terdaftar di Google Play Store. Mereka menggunakan pengalihan lalu lintas web atau platform rekayasa sosial untuk mendistribusikan spyware.

Dilansir dari Live Mint, agar ponsel Anda aman dari spyware hal yang perlu dilakukan, jangan pernah mengunduh dan menginstal aplikasi apa pun di ponsel Anda dari sumber yang tidak dapat diandalkan.

Selalu gunakan Google Play Store untuk menemukan dan menginstal aplikasi di perangkat Android. Seperti yang terlihat dalam kasus beberapa aplikasi PhoneSpy, pengguna menerima pesan kesalahan setelah mencoba masuk ke aplikasi.

Setiap perilaku abnormal tersebut mencurigakan dan bisa menjadi indikasi aplikasi tersebut memiliki malware. Selain itu, jangan pernah mengeklik tautan yang mencurigakan atau memasang aplikasi yang belum diverifikasi yang diterima melalui mail atau pesan teks.

 Baca juga: Kominfo Awasi Spyware Candiru yang Sasar Aktivis hingga Jurnalis

Perhatikan tampilan halaman login yang biasanya Anda gunakan. Setiap penyimpangan dari tata letak asli atau kesalahan kecil di halaman login bisa menjadi tanda Anda sedang ditargetkan oleh penjahat dunia maya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini