Pesawat LRO NASA Abadikan Penampakan Saturnus dengan Cincin Planetnya

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 56 2509758 pesawat-lro-nasa-abadikan-penampakan-saturnus-dengan-cincin-planetnya-ZeKm5g2wJT.jpg Saturnus (Foto: Business insider)

PESAWAT luar angkasa Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA telah mengelilingi bulan sejak 2009. Namun gambar baru yang dibagikan NASA pada Senin (22 November) dari pesawat luar angkasa menunjukkan tujuan yang sangat berbeda yakni Saturnus, lengkap dengan cincin planet yang menakjubkan.

Pesawat LRO mengambil gambar pada 13 Oktober menggunakan Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC). Pada saat itu, pesawat luar angkasa itu berada sekitar 56 mil (90 kilometer) di atas fitur bulan yang dijuluki Lacus Veris, atau Danau Musim Semi, menurut pernyataan NASA.

 Saturnus

Kamera LROC sebenarnya dirancang untuk mempelajari Bulan. Jadi NASA harus memanipulasi pesawat ruang angkasa dengan hati-hati untuk menangkap gambar Saturnus yang begitu menakjubkan, sebagaimana dikutip dari Space.

 Baca juga: Molekul Aneh Reaktif Ditemukan di Satelit Terbesar Saturnus

Meskipun gambar Jupiter yang serupa dapat melihat beberapa Bulan terbesar raksasa, LRO tidak dapat melakukan hal yang sama di Saturnus. Itu karena Saturnus lebih redup daripada Jupiter. keduanya jauh lebih redup daripada bulan yang dirancang untuk dipelajari oleh LROC.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini