Rekor! Wahana Antariksa NASA Masuki Jarak Terdekat dari Matahari

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 56 2510144 rekor-wahana-antariksa-nasa-masuki-jarak-terdekat-dari-matahari-hidQ8mwbVm.jpg Mendekati matahari (Foto: NASA)

WAHANA antariksa milik NASA, Parker Solar Probe rupanya berhasil membuat dua rekor baru selama terbang ke-10 kali dari Matahari.

Mengutip Daily Mail, Rabu (1/12/2021), penjelajah ruang angkasa itu berada dalam jarak terdekat yakni sekitar 5,3 juta mil atau 8,5 juta kilometer dari Matahari.

 matahari

Tak hanya itu, pada penerbangan pada 21 November lalu itu, Parker Solar Probe juga memecahkan rekor lain sebagai benda tercepat yang melesat hingga 586.864 kilometer per jam.

Sebagai perbandingan, dengan kecepatan itu dapat mencapai Bumi ke Bulan dalam waktu kurang dari satu jam, sebuah perjalanan yang biasanya memakan waktu sekitar tiga hari.

Selama perjalanan ini, probe juga mendeteksi jumlah debu yang lebih tinggi dari yang diharapkan di dekat Matahari, menurut Nour Raouafi, ilmuwan proyek Parker Solar Probe di Johns Hopkins Applied Physics Laboratory di Laurel, Maryland

"Yang menarik dari adalah ini sangat meningkatkan pemahaman kita tentang wilayah terdalam heliosfer kita, memberi kita wawasan tentang lingkungan yang sampai sekarang merupakan misteri," jelasnya.

Sementara Parker Solar Probe tidak membawa detektor debu, saat butiran debu menabrak pesawat ruang angkasa, awan plasma tercipta.

Awan ini menghasilkan muatan listrik unik yang ditangkap oleh beberapa sensor pada instrumen FIELDS probe yang dirancang untuk mengukur medan listrik dan magnet di dekat Matahari.

Debu dapat menimbulkan potensi bahaya pada benda luar angkasa ini, meskipun memiliki beberapa fitur untuk membantunya menahan kerusakan.

 Baca juga: Sejumlah Kota di Dunia Jarang Disinari Matahari, Nomor 4 Wilayahnya Selalu Malam

Jim Kinnison, insinyur sistem misi Parker Solar Probe menjelaskan, mereka merancang bahan dan komponen yang bertahan dari dampak debu berkecepatan tinggi dan efek dari partikel yang lebih kecil yang tercipta dalam dampak ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini