Gedung Cyber Kebakaran, Ini Layanan Internet yang Alami Gangguan

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 54 2511193 gedung-cyber-kebakaran-ini-layanan-internet-yang-alami-gangguan-ZOvgRBXvG4.jpg Gedung Cyber 1 kebakaran menyebabkan sejumlah layanan internet mengalami gangguan. (Foto: Dok MNC Portal)

GEDUNG Cyber 1 yang berada di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mengalami kebakaran pada Kamis siang kemarin. Akibatnya, sejumlah layanan internet pun jadi mengalami gangguan.

Diketahui bahwa Gedung Cyber 1 sendiri menjadi pusat operasional sejumlah perusahaan teknologi. Di antaranya sebagai pusat data hingga lokasi perusahaan keamanan siber.

Baca juga: Korban Tewas Kebakaran Gedung Cyber Bertambah Jadi 2 Orang 

Salah satu yang terpengaruh atas kejadian ini adalah Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi IPOT. Mereka mengumumkan untuk sekarang layanannya masih terganggu dan belum dapat digunakan sementara waktu.

"Saat ini kami sedang menghadapi situasi force majeure di mana data center kami di Gedung Cyber Mampang mengalami kebakaran yang mengakibatkan jaringan data beberapa sekuritas, termasuk IPOT terganggu, dan belum dapat digunakan untuk sementara waktu," demikian dikutip dari unggahan di akun Twitter resminya.

Baca juga: Mengenang Tamagotchi, Mainan Populer era 1990-an 

Mereka juga menginformasikan bahwa gangguan hanya berdampak terhadap transaksi dan seluruh dana nasabah dipastikan aman.

Perusahaan lain yang terkena imbas dari kebakaran ini adalah Ajaib Investasi. Melalui akun Twitter-nya, mereka menyataka untuk sementara mengalami gangguan dalam bertranskasi karena data center-nya mengalami kebakaran.

Selain itu perusahaan publisher game Megaxus Infotech juga terpengaruh atas kebakaran Gedung Cyber 1 Mampang. Melalui unggahan di akun media sosialnya, mereka mengumumkan kepada penggunanya ada gangguan koneksi pada game-game Megaxus.

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatApp yang Segera Meluncur, Apa Saja? 

"Mimin ingin memberitahukan bahwa kemungkinan akan terjadi gangguan koneksi pada game-game Megaxus karena adanya permasalahan di data center kami. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dan terima kasih atas perhatiannya," jelasnya.

Beberapa game yang masuk dalam portal ini adalah Audition AyoDance, Fatal Raid SEA Invasion, hingga Audition AyoDance Mobile.

Baca juga: TikTok Kini Bisa Diakses Lewat Smart TV 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini