Kebakaran Gedung Cyber, Pengamat: Berdampak pada Akses Internet

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 54 2511266 kebakaran-gedung-cyber-pengamat-berdampak-pada-akses-internet-bpa0EdtJAd.jpg Gedung Cyber (Foto: Twitter)

KEBAKARAN Gedung Cyber 1 di Mampang, Jakarta Selatan berdampak pada beberapa penyedia layanan situs web dan internet

Tak heran sebab menurut Direktur ICT Institute, Heru Sutadi, Gedung Cyber itu utamanya digunakan untuk Indonesia Internet Exchange (IIX) dan penempatan pusat data.

 internet

"Tentu ini akan berdampak terhadap akses internet di Jakarta atau menuju Jakarta yang melalui IIX baik domestik maupun akses internasional. Banyak ISP terkoneksi ke sini," ujar Heru saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (3/12/2021).

Lebih lanjut, Heru menjelaskan, bilamana tidak ada link alternatif ke IIX lain, maka akses internet akan mengalami hambatan bahkan tidak bisa diakses.

Di Gedung Cyber juga banyak ditempatkan pusat data berbagai aplikasi, layanan internet dan sistem elektronik.

Dan jika tidak ada dissaster recovery center di tempat lain, maka layanan yang pusat datanya di Gedung Cyber akan blackout.

"Akan banyak aplikasi, layanan digital yang tidak bisa diakses mulai hari ini hingga beberapa waktu ke depan," tuturnya.

Ia berharap, semoga dampak kebakaran ini tidak menimbulkan blackout yang cukup besar. Namun ini perlu terus dipantau dan dimitigasi secepatnya terutama untuk layanan publik, kesehatan, keuangan dan perbankan

Di sisi lain, kebakaran Gedung Cyber ini perlu menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk bergerak cepat memastikan dampak seperti apa dan berapa besar serta mitigasi nya bagaimana.

Utamanya adalah sebagai pembelajaran bilamana peristiwa serupa terjadi lagi atau ada bencana lain seperti gempa, banjir, gedung ambruk dan segala macam

 Baca juga: Gedung Cyber Kebakaran, Ini Layanan Internet yang Alami Gangguan

"Tentu kita harus sepakat bahwa ini bukan sekadar kebakaran gedung tapi salah satu urat nadi internet dan layanan digital di Indonesia." pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini