Gerhana Matahari Berlangsung Besok, Kalau Mau Lihat Baca Ini Dulu!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 56 2511318 gerhana-matahari-berlangsung-besok-kalau-mau-lihat-baca-ini-dulu-YeNLyCRnGw.jpg Gerhana matahari (Foto: Republic world)

BESOK akan hadir fenomena gerhana matahari total. Namun apakah gerhana matahari ini bisa terlihat di Indonesia?

Rupanya gerhana matahari terakhir tahun 2021 ini memang dipastikan terjadi pada 4 Desember. Tapi sayangnya fenomena gerhana ini hanya bisa disaksikan oleh msyarakat di belahan Bumi Selatan.

Saat terjadi gerhana matahari total, maka bulan bergerak di antara matahari dan bumi, lalu menimbulkan bayangan di bumi dan sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa daerah.

 Gerhana Matahari

Beberapa wilayah yang bisa menyaksikan gerhana matahari parsial antara lain, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Saint Helena, Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru, juga tetangga kita Australia.

 Baca juga: 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin, Kapan Bakal Terjadi Lagi?

Dikutip dari India Today, gerhana matahari dimulai pada pukul 10:59. Namun Anda jangan khawatir, jika ingin tetap menyaksikan gerhana matahari besok, maka Anda bisa menyaksikan via akun YouTube NASA Live meski di Indonesia tak bisa menyaksikan gerhana matahari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini