Share

Jangan Terlewat! Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 56 2511773 jangan-terlewat-hari-ini-terjadi-gerhana-matahari-total-K6UU4iqCOd.jpg Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: The Print)

FENOMENA alam gerhana matahari total dilaporkan berlangsung pada hari ini, Sabtu 4 Desember 2021. Sejumlah wilayah di belahan bumi akan dapat menyaksikannya. Lantas, apakah bisa disaksikan dari wilayah Indonesia?

Sebagaimana dikutip dari laman Indiatoday, Sabtu (4/12/2021), fenomena alam gerhana matahari total yang sangat langka ini hanya bisa dilihat dari wilayah belahan bumi selatan. Artinya, tidak bisa disaksikan dari wilayah Indonesia.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Hanya Bisa Disaksikan di Titik Ini, Berikut Wilayahnya 

Ilustrasi gerhana matahari total.

Baca juga: Sholat Gerhana Matahari Total, Ini Niat dan Tata Caranya 

Sejumlah negara yang bisa menyaksikan gerhana matahari total ini antara lain Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Saint Helena, dan Georgia Selatan. Kemudian ada Kepulauan Crozet, Kepulauan Sandwich, Kepulauan Falkland, Cile, Selandia Baru, serta Australia.

Ketika terjadi gerhana matahari total, maka bulan bergerak di antara matahari dan bumi. Selanjutnya menimbulkan bayangan di bumi dan sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa wilayah.

Berdasarkan laporan Pusat Riset Antariksa LAPAN-Brin, gerhana matahari total akan berlangsung pada Sabtu siang ini mulai pukul 10.59 pagi waktu setempat. Kemudian berangsur-angsur gerhana matahari akan terus terjadi pada 12.30 siang waktu setempat.

Baca juga: Gerhana Matahari Berlangsung Besok, Kalau Mau Lihat Baca Ini Dulu! 

Fenomena astronomi tersebut bakal mencapai fase maksimum pada pukul 01.03 siang waktu setempat dengan durasi 90–116 detik. Selanjutnya pada pukul 15.07 sore, barulah gerhana matahari total berakhir.

Bagi masyarakat yang negaranya tidak terjadi gerhana matahari total jangan khawatir, bisa menyaksikannya melalui akun YouTube NASA Live.

Baca juga: Akan Ada 4 Kali Gerhana Matahari Cincin hingga 2027 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini