Share

Gerhana Matahari Total Hari Ini, NASA Jelaskan Proses Terjadinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 56 2511809 gerhana-matahari-total-hari-ini-nasa-jelaskan-proses-terjadinya-M74EgRBXW7.jpg Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: Shutterstock)

HARI ini, Sabtu 4 Desember 2021, berlangsung gerhana matahari total. Fenomena astronomi langka tersebut terjadi di belahan bumi selatan. Masyarakat di sana pun berpeluang menyaksikannya.

Dikutip dari laman resmi NASA, Sabtu (4/12/2021), gerhana matahari total terjadi ketika bulan bergerak di antara matahari dan bumi yang menimbulkan bayangan. Bayangan ini sepenuhnya atau sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa area.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Hanya Bisa Disaksikan di Titik Ini, Berikut Wilayahnya 

Ilustrasi gerhana matahari total.

Baca juga: Simak Urutan Waktu Terjadinya Gerhana Matahari Total Hari Ini 

Supaya gerhana matahari total dapat terjadi; matahari, bulan, dan bumi harus berada dalam satu garis lurus. Orang yang berada di pusat bayangan akan melihat gerhana total.

Langit menjadi sangat gelap, seolah-olah fajar atau senja. Jika cuaca memungkinkan, orang-orang di jalur gerhana matahari total dapat melihat korona matahari, atmosfer luar, yang biasanya tertutup oleh wajah cerah matahari.

Satu-satunya tempat gerhana matahari total kali ini dapat dilihat yakni Antartika. Sementara di beberapa tempat, meski tidak bisa melihat gerhana matahari total, masyarakatnya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Fenomena ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tidak sejajar. Matahari akan tampak memiliki bayangan gelap hanya di sebagian permukaannya.

Orang-orang di beberapa bagian Saint Helena, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Cile, Selandia Baru, dan Australia akan melihat gerhana matahari sebagian ini.

Baca juga: Jangan Terlewat! Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total 

Di banyak lokasi tersebut gerhana akan terjadi sebelum, selama, dan setelah matahari terbit atau terbenam. Ini berarti bahwa masyarakat perlu mendapatkan pandangan cakrawala yang jelas saat matahari terbit atau terbenam untuk melihat gerhana.

Jika cuaca cerah, pemandangan gerhana matahari total dari Union Glacier, Antartika, akan disiarkan di YouTube dan di nasa.gov/live. Video ini adalah milik Theo Boris dan Christian Lockwood dari Ekspedisi Antartika JM Pasachoff. Streaming dimulai pada pukul 01.30 EST. Totalitas gerhana terjadi pukul 02.44 EST. Streaming berakhir pukul 03.37 EST.

Baca juga: Sholat Gerhana Matahari Total, Ini Niat dan Tata Caranya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini