Gerhana Matahari Total, Begini Cara Aman Melihatnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 56 2511822 gerhana-matahari-total-begini-cara-aman-melihatnya-EdB2vsbtd7.jpg Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: Reuters)

HARI ini, Sabtu 4 Desember 2021, terjadi fenomena astronomi langka gerhana matahari total. Bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat di belahan bumi selatan.

Dikutip dari laman NASA, Sabtu (4/12/2021), meski demikian perlu diketahui bahwa manusia tidak boleh melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang. Ini juga berlaku untuk gerhana matahari sebagian.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Hanya Bisa Disaksikan di Titik Ini, Berikut Wilayahnya 

Ilustrasi gerhana matahari total.

Baca juga: Simak Urutan Waktu Terjadinya Gerhana Matahari Total Hari Ini 

Ketika melihat gerhana matahari sebagian, NASA menyarankan menggunakan kacamata khusus atau kacamata gerhana. Benda tersebut wajib digunakan sepanjang berlangsungnya gerhana jika ingin menghadap ke arah matahari.

Kacamata untuk melihat matahari atau gerhana bukanlah kacamata hitam biasa. Kacamata hitam biasa tidak aman untuk melihat matahari. Jika seseorang berada di jalur gerhana matahari total, maka dapat melepas kacamata khusus tersebut ketika bulan benar-benar menghalangi matahari.

Jika tidak memiliki kacamata matahari atau kacamata gerhana, seseorang dapat menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Salah satunya dengan proyektor lubang jarum. Proyektor lubang jarum tidak boleh digunakan untuk melihat langsung ke matahari, tetapi untuk memproyeksikan sinar matahari ke permukaan.

Bagi masyarakat yang belum berkesempatan melihat gerhana matahari total, jangan berkecil hati. Sebab pada Oktober 2023, gerhana matahari cincin akan melintasi Amerika Utara. Enam bulan kemudian, tepatnya pada April 2024, gerhana matahari total akan melintasi Benua Amerika.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Hari Ini, NASA Jelaskan Proses Terjadinya 

Ilustrasi gerhana matahari total. (Foto: BBC)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini