Ditemukan 226 Kerentanan di Model Router WiFi Ternama

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 57 2512583 ditemukan-226-kerentanan-di-model-router-wifi-ternama-7rFzwQR1gm.jpg Pakai Wifi (Foto: John lewis)

SEBUAH laporan mengungkapkan bahwa jutaan router WiFi dari berbagai merek populer mungkin berisiko, setelah sekitar 226 kerentanan keamanan ditemukan.

Penemuan ini dilakukan oleh tim peneliti keamanan di IoT Inspector dan majalah CHIP.

Kerentanan keamanan ini mempengaruhi sejumlah router WiFi dari merek termasuk Netgear, Asus, Synology, D-Link, AVM, TP-Link dan Edimax.

 pakai wifi

“Tes ini secara negatif melebihi semua harapan untuk bisnis kecil dan router rumah yang aman,” kata CTO Inspektur IoT Florian Lukavsky, dikutip dari Indian Express, Senin (6/12/2021).

“Tidak semua kerentanan sama bahayanya — tetapi pada saat pengujian, semua perangkat menunjukkan kerentanan keamanan yang signifikan yang dapat membuat peretas lebih mudah menjangkaunya,” tambah Lukavsky.

Penyebab utama masalah ini diperkirakan karena kurangnya komponen yang lebih baru. Versi komponen inti lawas termasuk kernel Linux bersama dengan layanan usang lainnya kemungkinan merupakan target yang dieksploitasi oleh penyerang.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa vendor menggunakan kata sandi default sederhana pada router yang membuatnya mudah ditebak.

Beberapa pengguna diketahui menggunakan router dengan kredensial default mereka, yang menjadikannya target yang sangat mudah bagi penyerang.

 Baca juga: Jaringan 4G di Indonesia Ternyata Lebih Sering Digunakan untuk Download Ketimbang WiFi

Para peneliti juga mencatat bahwa dalam beberapa kasus, router SOHO juga menggunakan koneksi tidak terenkripsi dalam sertifikat yang tidak aman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini