Share

NASA Dukung 3 Perusahaan Kembangkan Stasiun Luar Angkasa Komersial

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 56 2512995 nasa-dukung-3-perusahaan-kembangkan-stasiun-luar-angkasa-komersial-o1KjoLrJO2.jpg Ilustrasi (Foto: CNBC)

TIGA perusahaan diberikan kontrak oleh NASA untuk mengembangkan stasiun luar angkasa swasta. Kontrak ini dibuat saat saat badan tersebut dilaporkan tengah bersiap untuk pensiun dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Blue Origin milik Jeff Bezos, Northrop Grumman, dan Nanoracks diberikan total USD 415,6 juta atau sekitar Rp 5 triliun di bawah proyek Commercial LEO Destinations (CLD) NASA.

Nanoracks memenangkan kontrak individu terbesar dengan USD160 juta, sementara Blue Origin dan Northrop Grumman masing-masing menerima USD130 juta dan USD125,6 juta.

Satelit

Mengutip CNBC, Selasa (7/12/2021), NASA awal tahun ini menerima kira-kira sekitar selusin proposal dari berbagai perusahaan untuk kontrak di bawah proyek tersebut.

Baca Juga Pasokan Stasiun Luar Angkasa Diluncurkan, Ada Peralatan Membuat Pizza

NASA sendiri berencana untuk pensiun dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada akhir dekade ini, program CLD merupakan upaya untuk beralih ke perusahaan swasta untuk stasiun ruang angkasa baru.

Baca Juga: NASA Luncurkan Misi Tabrak Asteroid Demi Selamatkan Bumi

Diharapkan badan antariksa AS tersebut mengharapkan untuk menghemat lebih dari USD1 miliar per tahun sebagai hasilnya.

Ketimbang membangun fasilitas itu sendiri, NASA memilih beralih ke kemitraan publik-swasta sebagai cara untuk mencapai tujuannya di luar angkasa.

Agensi telah sukses besar melalui model ini dalam dekade terakhir, dengan layanan kargo dan kru yang disediakan melalui kendaraan yang dibangun oleh SpaceX dan Northrop Grumman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini