NASA Panen Cabai di Luar Angkasa

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 56 2513252 nasa-panen-cabai-di-luar-angkasa-PODhRgOEza.jpg Cabai di luar angkasa (Foto: Sciencealert)

NASA membuat proyek eksperimen yang terdiri dari menanam dan memanen cabai di luar angkasa. Ini memecahkan rekor untuk memberi makan astronot paling banyak dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Mengutip Science Alert, Selasa (7/12/2021), eksperimen tersebut juga membuat sejarah sebagai eksperimen terlama yang dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

 makan pakai cabai di luar angkasa

Ini adalah kedua kalinya cabai ditanam di luar angkasa. Pada November lalu dilaporkan bahwa untuk pertama kalinya kru ISS menggunakan cabai tersebut dalam taco, bersama dengan daging sapi dan sayuran fajita.

Matt Romeyn, kepala penyelidik untuk eksperimen lada, mengatakan tim produksi tanaman di NASA tidak berharap untuk mencapai dua rekor tersebut.

Cabai rawit yang ditanam sedikit tertunda dalam panen mereka dibandingkan dengan pengujian saat di Bumi. Ini berarti percobaan di stasiun dapat diperpanjang selama 17 hari lagi.

Sementara itu bibit lada di sentra percobaan Plant Habitat-04 (PH-04) tumbuh selama empat bulan sebelum akhirnya dipanen pada bulan Oktober.

"Kebetulan jadwal membawa kita mendapat pergantian dari astronot Crew-2 ke astronot Crew-3, hal memungkinkan lebih banyak astronot memiliki kesempatan untuk mencicipi paprika," kata Romeyn.

Untuk percobaan baru, paprika awalnya diharapkan tumbuh selama 120 hari. Namun, mereka tumbuh lebih lama sekitar 137 hari, yang menjadikannya eksperimen terlama di luar angkasa.

 Baca juga: NASA Dukung 3 Perusahaan Kembangkan Stasiun Luar Angkasa Komersial

Eksperimen terpanjang sebelumnya adalah pada tahun 2016 ketika bunga zinnia ditanam selama 90 hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini