Bumi Miliki Black Box, untuk Rekam Penyebab Kiamat?

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 56 2513285 bumi-miliki-black-box-untuk-rekam-penyebab-kiamat-DRekN1qAOc.jpg Black box (Foto: Science alert)

TERNYATA bukan hanya pesawat yang memiliki black box atau kotak hitam. Bahkan bumi pun dibuatkan black box.

Para peneliti siap membuat black box di atas dataran granit di pantai barat Tasmania, Australia pada awal 2022. Lalu apa tujuan pembuatan black box untuk bumi?

 black box

Tujuan black box ini untuk merekam setiap langkah yang dibuat manusia hingga menyebabkan bencana iklim. Blackbox ini akan mencatat penyebab kerusakan dan kiamat di Bumi.

Proyek ini dipimpin perusahaan komunikasi pemasaran Clemenger BBDO bekerja sama dengan peneliti di Universitas Tasmania, saat ini dalam versi Beta dan mulai mengumpulkan informasi di websitenya.

Blackbox ino dibangun seukuran bus kota. Bahannya dari baja tebal dan dilapisi panel surya. Interiornya diisi dengan "drive penyimpanan" yang mengumpulkan data terkait perubahan iklim seperti tingkat karbon dioksida atmosfer dan suhu rata-rata.

Selain itu, menggunakan algoritma akan menjelajahi web untuk tweet, posting, berita, dan berita utama. Pengembang memperkirakan penyimpanan akan habis dalam 30 hingga 50 tahun.

Ada rencana untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dan memberikan solusi jangka panjang tetapi tidak jelas bagaimana struktur akan dipertahankan. Bagaimana panel surya dapat diganti sebelum akhir peradaban, seberapa baik drive tersebut bertahan setelah beberapa dekade dan bagaimana kubah akan tahan terhadap vandalisme atau sabotase.

 Baca juga: Kapten Vincent Raditya Berikan Penjelasan soal Black Box, Penasaran?

Lokasi berdirinya black box memang di daerah yang terpencil. Sekitar empat jam dari kota besar terdekat. Apakah ini untuk menghindari vandalisme?

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini