Share

Jaringan Internet Melalui Satelit Mulai Disiapkan di Posko-Posko Semeru

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 54 2513699 jaringan-internet-melalui-satelit-mulai-disiapkan-di-posko-posko-semeru-wF1owfjnzC.jpg Ilustrasi jaringan internet satelit akan disiapkan di posko-posko Gunung Semeru. (Foto: Dok BNPB)

ERUPSI Gunung Semeru menimbulkan dampak terhadap banyak sektor, termasuk jaringan internet. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pun segera menyiapkan akses internet melalui satelit di posko-posko bantuan sekitar gunung berapi setinggi 3.676 MDPL tersebut.

"Kominfo langsung menyediakan VSAT (setelah terjadi bencana), khusus untuk memberi dukungan ke posko-posko bencana, untuk layanan bagi masyarakat terdampak," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Jaringan Telekomunikasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Pemulihan Terus Dilakukan 

Perangkat Very Small Aperture Terminal (VSAT) ini terhubung dengan satelit untuk memberikan Wi-Fi di daerah yang terdampak bencana dan tidak terjangkau sinyal telekomunikasi.

Langkah darurat ini, jelas Johnny, dilakukan dengan cepat dengan harapan bisa membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Gerhana Matahari Total Hanya Bisa Disaksikan di Titik Ini, Berikut Wilayahnya 

Ketersediaan akses internet diharapkan bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat yang terdampak, terutama dari sisi layanan telekomunikasi yang terganggu akibat letusan Gunung Semeru.

"Bencana di Indonesia bukan hal baru, sering terjadi, karena itu dari sisi telekomunikasi, operator seluler, operator jaringan tulang punggung kabel optik sudah tahu apa yang harus dilakukan," ucapnya.

Ditemukan dua kendala telekomunikasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, akibat letusan Gunung Semeru ini.

Pertama, layanan base transceiver station (BTS) tidak beroperasi karena sambungan listrik sempat terputus. Pasokan daya listrik dari PLN mengalami masalah setelah letusan. Kominfo berupaya menyiapkan genset di lokasi tersebut.

Baca juga: Registrasi IMEI Ponsel Terganggu Dampak Gedung Cyber Terbakar 

Kendala kedua adalah kabel serat optik milik dua operator besar terputus. Kabel serat optik selama ini digunakan kedua operator seluler tersebut digunakan untuk layanan data dalam jumlah besar.

Menurut Johnny, operator sudah mencari alternatif jalur transmisi data melalui kabel optik di wilayah yang aman. Kemudian juga sudah melakukan jalur transmisi data.

Baca juga: Sempat Down, Kini Google Sudah Pulih Kembali 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini