Ini Rangkuman Trending Setahun Tinder, Apa Saja?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 57 2513787 ini-rangkuman-trending-setahun-tinder-apa-saja-AgKy6Fv9Fz.jpg Tinder (Foto: Svitnov)

MENJELANG akhir tahun, Tinder membagikan apa saja yang menjadi trending di antara pengguna dalam menggunakan aplikasi kencan tersebut.

Dalam catatan Tinder, ada beberapa hal yang menjadi sorotan selama tahun ini yang dirangkum dalam Year In Swipe 2021.

 Tinder

Apa saja? Dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/2021), berikut ini beberapa hal yang menjadi trending di Tinder.

1. 2021 adalah tahun Emoji Side Eye

Di saat jutaan emoji digunakan di biodata Tinder, satu emoji yang sedang naik daun dan menarik perhatian adalah Side Eye (Lirikan Mata).

Penggunaan emoji Side Eye di biodata Tinder secara global meningkat sebanyak 40% di tahun ini, sebab para pengguna menunjukkan optimisme dan skeptisisme sepanjang tahun.

2. URL dan IRL

Tahun ini, banyak pengguna yang menikmati kencan virtual dan pertemuan langsung pasca vaksinasi. Kencan lewat video berubah menjadi cara utama kencan pertama bagi para lajang dengan penyebutan "panggilan video" di biodata Tinder meningkat sebesar 52% secara global.

Sedangkan di Indonesia, kencan virtual dilihat sebagai kesempatan untuk membangun koneksi yang lebih kuat, dengan Riau, Jakarta dan Lampung sebagai tiga kota teratas yang paling suka mengobrol lewat obrolan video (video chat).

Namun, Gen Z juga ingin terhubung dengan orang-orang baru yang dekat dengan mereka untuk kehidupan nyata dengan penyebutan "terdekat" dan "dekat" keduanya meningkat sebesar 20% dalam biodata Tinder secara global.

3. Sudah divaksin menjadi pembuka obrolan baru.

Vaksinasi adalah hal pertama yang ada di daftar persiapan kencan dalam setahun. Kebanyakan pengguna membagikan gaya hidup mereka setelah vaksinasi membuat Gen Z jadi lebih aman untuk bertemu dengan orang lain.

Setelah program vaksinasi dipercepat secara lokal, penyebutan ‘Vaksin’ di biodata anggota Tinder di Indonesia juga telah meningkat di bulan September ketika pengguna menginginkan status vaksinasi menjadi hal yang penting saat kencan. Gestur kecil menjadi hal yang besar.

 Baca juga: Tinder Hadirkan Layanan Kesehatan Mental

4. Hal-hal kecil membuat sebuah kencan menjadi favorit.

Penyebutan "hal-hal kecil" meningkat 30% dari tahun ke tahun di biodata para penguna Tinder. Kata ini digunakan untuk berbagi apresiasi mereka terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang membuat mereka bahagia.

Pengguna Tinder di Indonesia menyukai berbagai gestur kecil seperti ‘dikejutkan dengan kopi’ atau ‘saat gaya berpakaian mereka dipuji’ yang akan membuat hari mereka jadi lebih menyenangkan.

6. Lagu-lagu kencan

Lagu-lagu yang dipilih pengguna untuk ditampilkan di profil mereka memberi tahu banyak hal tentang suasana hati mereka. Emosi pada lagu good4u dari Olivia Rodrigo dan STAY dari Kid Laroi & Justin Bieber menduduki peringkat teratas di biodata Tinder pada tahun 2021.

7. Ide kencan pertama

Pada tahun 2021, terlihat lebih banyak seputar aktivitas luar ruangan dibandingkan kegiatan ice breaker untuk kencan peratama.

Memilih aktivitas kencan pertama yang lebih menarik dan unik untuk membantu mereka benar-benar kenal satu sama lain. Banyak terlihat di biodata Indonesia, kegiatan di luar ruangan seperti naik gunung, berkemah dan golf menjadi pilihan di Indonesia untuk membuat pengalaman kencan pertama yang tak terlupakan.

Ketika ditanya tentang rencana kencan pertama di Tinder, ‘bertemu untuk ngopi’ atau ‘piknik di taman’ menjadi rencana yang paling banyak dipilih oleh pengguna Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini