Satelit Vision 1 Temukan Aliran Lava Baru Gunung Semeru

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 56 2515345 satelit-vision-1-temukan-aliran-lava-baru-gunung-semeru-S7wmiy1n02.jpg Gunung Semeru meletus (Foto: Antara)

PLT Kepala Pusat Riset Aplikasi Penginderaan Jauh BRIN Rokhis Khomarudin mengatakan, ada temuan menarik dari bantuan pencitraan internasional terkait pasca letusan Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Adapun bantuan pencitraan yang dimaksud berasal dari USGS. Dengan memotret lewat satelit Vision 1, terlihat perubahan yang terjadi pada Gunung Semeru.

 Lava

"Ini adalah new lava flow atau aliran lava baru yang terbentuk akibat bencana yang terjadi," ujarnya sambil menunjukan gambar hasil tangkapan satelit Vision 1 saat konferensi pers virtual.

Selain itu, kata Rokhis, mereka juga menggunakan beberapa data satelit yang diperoleh dari stasiun Bumi milik BRIN.

Yang pertama ada data spot 7 mozaik 2018, landsat 8 mozaik tahun 2020, sentinel 1 tanggal 21 november 2021, sentinel 1 tanggal 7 desember 2021 ini setelah terjadi bencana, dan aktivitas international disaster chartee.

"Jadi kami juga melakukan aktivasi untuk international chartee supaya mendapatkan bantuan dari seluruh citra satelit seluruh dunia," tuturnya.

Penggunaan satelit ini bisa memperlihatkan dampak dari awan panas dan guguran yang terjadi di Gunung Semeru.

Berdasar perbandingan yang dilakukan pada citra Spot 7 2019 dengan data Spot 7 tanggal 7 Desember (setelah terjadi bencana), terlihat cukup besar daerah yang rusak akibat erupsi gunung yang berlokasi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini