Share

Fitur Baru di Clubhouse, Apa Saja?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 57 2516164 fitur-baru-di-clubhouse-apa-saja-ChQD3oJQWE.jpg Clubhouse (Foto: PCMA)

APLIKASI audio Clubhouse menghadirkan sederet fitur anyar terdiri dari Komposer Ruangan (Room Composer), pilihan aktivasi NSFW (Not Safe/Suitable For Work), dan informasi jumlah audiens dalam sebuah room (Audience Count).

Clubhouse menjelaskan bahwa Komposer Ruangan disiapkan untuk mengurangi kepanikan yang kerap dirasakan oleh para kreator saat ruangan berlangsung.

 Clubhouse

Hal ini biasanya terjadi saat kreator harus mengatur beberapa hal secara bersamaan di saat ruangan sedang berlangsung.

Jadi, sekarang jika memilih "Memulai Membuat Ruangan" (Start a Room), pengguna dapat menentukan terlebih dahulu pilihan pengaturan yang diinginkan untuk ruangan tersebut, sebelum ruangan itu benar-benar dimulai.

Clubhouse juga menyediakan pengaturan fitur NSFW (Not Safe/Suitable For Work) yaitu untuk menyaring topik-topik tertentu yang tidak ingin dilihat oleh audiens di ranah publik atau formal.

Lewat fitur NSFW ini, pengguna sebagai audiens dapat melakukan pengaturan tentang ruangan apa saja yang ingin lihat dan tidak ingin lihat.

Cara mengaktifkan fitur NSFW adalah dengan memilih menu Pengaturan, lalu pilih Akun, lalu pilih Sembunyikan Ruangan NSFW. Setelah itu, pengguna tidak akan lagi melihat ruangan tersebut di koridor.

Fitur Jumlah Total Audiens (Total Audience Count) kini dapat dilihat oleh semua orang.

Artinya, siapa pun yang bergabung dalam suatu ruangan akan dapat melihat jumlah total audiens yang masuk ke ruangan tersebut.

Jika sebelumnya jumlah audiens hanya dapat terlihat bagi kreator, kini semua orang dapat melihatnya.

 Baca juga: Clubhouse Kembangkan Fitur Topics

Ini menjadi fitur yang dapat membantu para Clubhouser untuk mendapatkan gambaran berapa banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama akan sebuah topik di dalam ruangan di Clubhouse.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini