Share

Metaverse Horizon Worlds Dibuka, Apa Saja Isinya?

Danang Arradian, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 57 2517239 metaverse-horizon-worlds-dibuka-apa-saja-isinya-ylNg1HyXKg.jpg Metaverse (Foto: Navbharat)

META (Facebook) resmi mengenalkan platform sosial VR yang disebut Horizon Worlds di wilayah Amerika dan Kanda sejak akhir pekan lalu. Seperti apa isinya?

Meta kini membuka Metaverse mereka ke publik secara terbatas Horizon Worlds. Pengguna sudah bisa masuk dan mencoba fitur-fitur yang ada di dalamnya.

 Metaverse

Syaratnya, pengguna harus membeli headset Oculus Quest 2 yang hanya dijual oleh Meta seharga USD299. Lalu, mereka harus berusia 18 tahun keatas untuk bisa mengakses aplikasi Quest tanpa undangan.

Apa saja isi Horizon Worlds? Banyak yang menyebut isi Metaverse tersebut seperti gabungan antara game Roblox dan Oasis VR.

”Tampilannya sangat kartun, tidak realistis. Tapi, saya benar-benar bisa berinteraksi di dalamnya dengan pengguna yang lain,” ujar seorang YouTuber yang mencoba Horizon Worlds.

Walau sekarang fiturnya masih terbatas, di Horizon Worlds pengguna memang bisa melakukan banyak hal.

Pertama, pengguna bisa membuat avatar diri mereka. Lalu, mereka bisa berteleportasi ke berbagai dunia yang telah dibangun oleh para Creator. Mereka bisa main game memanah, lalu mencoba game battle royal, dan lainnya. Gamenya sendiri masih sangat terbatas.

Pengguna juga bisa mengambil foto selfie dengan Avatar mereka, dan langsung membagikannya ke status Facebook.

Selain itu, pengguna bisa masuk ke Creator Lounge dimana ada berbagai macam tool yang disiapkan bagi mereka untuk membangun dunia sendiri dari nol. Nah, keunikan Horizon Worlds adalah bagaimana mereka bisa menulis kode dasar terhadap suatu obyek untuk bekerja. Namanya script blocks Meta. Cara kerjanya seperti Layer di Photoshop.

Sekarang, script blocks ini hanya bisa di akses lewat VR. Tapi, kedepannya Meta akan memindahnya di komputer Desktop.

Meski mirip dengan Minecraft, tapi sebenarnya Horizon Worlds lebih berfokus sebagai platform sosial. Nantinya pengguna bisa datang ke pertunjukan komedi, menonton film bersama-sama, datang ke sesi meditasi, dan lainnya.

Intinya, Horizon Worlds adalah media sosial dalam dunia virtual. Pengguna bisa bertemu dan berinteraksi dengan pengguna lainnya seperti bertemu langsung, dan mengerjakan berbagai hal bersama. ”Kami akan terus menambahkan berbagai hal menarik yang membuat orang ingin bergabung di Meta,” ujar Vivek Sharma, VP Horizon Meta.

Keamanan menjadi bagian penting di Horizon Worlds. Ketika orang “bertatap muka” dalam bentuk avatar di dunia virtual, banyak hal yang bisa terjadi. Misalnya bullying, pelecehan seksual, dan masih banyak lagi.

Vivek Sharma mengatakan bahwa pengguna bisa mengaktifkan fitur keamanan yang ada di Horizon World. Salah satunya adalah memblok seseorang untuk bisa berinteraksi dengan mereka.

 Baca juga: Meta Rancang Kulit Sintetis untuk Robot, Guna Wujudkan Metaverse

Saat ini, pengguna juga belum bisa menghasilkan uang di Horizon Worlds, entah itu sebagai pemain ataupun creator. Tapi, itu akan berubah setelah nanti Horizon Worlds mengakses lebih banyak orang dan sistem pembayaran kripto sudah terintegrasi di Meta.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini