Hati-Hati! Phising Berkedok Penayangan Film Spider-Man: No Way Home

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 54 2518520 hati-hati-phising-berkedok-penayangan-film-spider-man-no-way-home-w2AAc3ddYJ.jpg Spiderman (Foto: The direct)

FILM superhero populer Spider-Man: No Way Home telah tayang perdana di bioskop pada 15 Desember lalu.

Namun dengan euforia seputar perilisan film Spider-Man terbaru ini, perlu ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, sebab para pelaku kejahatan siber tengah mengintai dengan berkedok seputar pemutaran Spider-Man.

 phising

Para peneliti Kaspersky mengamati aktivitas intensif dari para penipu online menjelang pemutaran perdana film dan menemukan banyak contoh situs web phishing yang dibuat untuk mencuri detail bank pengguna.

"Setiap orang yang pernah menjadi penggemar Spidey memiliki teorinya masing-masing tentang film tersebut, yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber," kata Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021).

Agar dapat menonton film superhero terbaru jelang pemutaran perdananya, pengguna diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kredit.

Setelah itu, uang akan didebit dari kartu pengguna dan data pembayaran dikumpulkan oleh para pelaku kejahatan siber, dan tentu saja tidak ada penayangan film yang tersedia.

Untuk memberikan daya tarik pada halaman phishing, para pelaku kejahatan siber tidak menggunakan poster resmi dari film, melainkan fanart yang menampilkan semua aktor Spider-Man.

Dengan poster seperti itu, para pelaku kejahatan siber ingin menarik lebih banyak perhatian para penggemar.

Selain itu, banyak pengguna tidak hanya berusaha mengunduhnya melalui situs online. Sayangnya film baru tersebut dijadikan sebagai penyamaran file berbahaya yang tersembunyi.

Dalam kebanyakan kasus yang dianalisis, peneliti Kaspersky menemukan bahwa pengunduh dapat menginstal program lain yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, terdapat juga Adware bahkan Trojan program berbahaya yang bisa membuat pelaku kejahatan siber melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh pengguna, seperti mengumpulkan informasi, mengubah data atau mengganggu kinerja komputer.

Untuk menghindari menjadi korban penipuan dan program berbahaya berkedok Spider-Man: No Way Hom, hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV.

 Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Serangan Phising, Apa Saja?

Penting memeriksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi dan hanya gunakan halaman web resmi dan terpercaya untuk menonton atau mengunduh film. Dan jangan lupa periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini