Ilmuwan Temukan Kemungkinan Keberadaan Air Es di Bawah Permukaan Mars

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 56 2518359 ilmuwan-temukan-kemungkinan-keberadaan-air-es-di-bawah-permukaan-mars-kXZEnpZcLt.jpg Mars (Foto: Telegraph)

KEMUNGKINAN adanya air es beberapa meter di bawah permukaan Mars. Tepatnya di salah satu situs paling dramatis di Planet Merah.

Hal tersebut terungkap menurut penelitian baru berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Trace Gas Orbiter (TGO), bagian dari misi ExoMars yang dioperasikan oleh European Space Agency (ESA) dan mitranya dari Rusia, Roscosmos.

Di antara instrumen di kapal TGO ada salah satu yang disebut Fine Resolution Epithermal Neutron Detector (FREND). Benda ini dapat mendeteksi hidrogen, salah satu dari dua elemen yang membentuk air.

 permukaan mars

Analisis baru dari data FREND menunjukkan tingkat hidrogen yang tinggi di sebuah situs bernama Candor Chaos, yang terletak di dekat jantung sistem ngarai besar yang dijuluki Valles Marineris.

"Kami menemukan bagian tengah Valles Marineris penuh dengan air - jauh lebih banyak air daripada yang kami harapkan," kata Alexey Malakhov, seorang ilmuwan senior di Space Research Institute of the Russian Academy of Sciences.

Menurut Malakhov, bentuknya sangat mirip dengan daerah permafrost Bumi, di mana es air secara permanen bertahan di bawah tanah kering karena suhu rendah yang konstan.

 Baca juga: NASA Pilih 10 Calon Astronot yang Siap Diterbangkan ke Mars

Penelitian ini memperluas kedalaman yang dapat dipelajari para ilmuwan, serta dapat memberi mereka pandangan apa yang ada di bawah permukaan atas serta permukaan Mars.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini