Share

Punya Malware Joker, Google Hapus Aplikasi Color Messages dari Play Store

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Minggu 19 Desember 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 57 2519281 punya-malware-joker-google-hapus-aplikasi-color-messages-dari-play-store-R32XECCsQS.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

GOOGLE terus melakukan pembaharuan di Play Store miliknya. Pasalnya, masih ditemukan palikasi yang ternyata mengandung virus atau malware.

Baru-baru ini, Google pun menghapus sebuah aplikasi yang mengandung malware dari Google Play Store. Aplikasi tersebut bernama Color Messages.

Sebelum dihapus, aplikasi tersebut telah diinstal lebih dari 500.000 kali. Pradeo Security melalui ars Technica menyebut bahwa aplikasi tersebut terinfeksi malware Joker dan tampaknya terhubung dengan server Rusia.

Malware

Mengutip laman Phone Arena, berdasarkan analisis Pradeo, aplikasi Color Messages mengakses daftar kontak pengguna. Tak hanya itu ia membuat korban berlangganan layanan berbayar premium tanpa sepengetahuan pengguna.

Itu memang menjadi karakteristik malware Joker yang dikenal sebagai Fleeceware karena mensimulasikan klik dan penyadapan pesan SMS untuk mendaftarkan pengguna ke layanan premium tersebut. Malware juga menggunakan kode sesedikit mungkin membuat Joker sulit dideteksi.

Laporan tersebut mencatat bahwa dalam dua tahun terakhir, Joker ditemukan di ratusan aplikasi. Adapun Color Messages, meskipun telah dihapus dan tidak lagi tersedia dari Google Play Store, tapi bagi yang sudah menginstal aplikasi di ponsel masih harus menghapusnya secara manual.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini