Share

Cara Menghapus Pesan WhatsApp Grup Secara Otomatis

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 57 2519590 cara-menghapus-pesan-whatsapp-grup-secara-otomatis-lzkTXwwJVG.jpg Cara hapus pesan otomatis di whatsapp grup (foto: istimewa)

JAKARTA - WhatsApp sekarang menguji dan mengembangkan fitur Pesan Hilang dengan opsi 24 jam untuk obrolan pribadi maupun grup. Menurut WABetaInfo, situs web yang melacak WhatsApp dalam Beta, mengungkapkan bahwa fitur pesan yang hilang akan tersedia di pembaruan beberapa waktu ke depan.

"WhatsApp tidak akan menggantikan opsi 7 hari, tetapi 24 jam akan menjadi opsi tambahan," kata laporan itu dikutip dari Business Insider. Ketika pengguna memilih "24 jam", semua pesan yang dikirim dan diterima setelah perubahan ini akan kadaluwarsa setelah 24 jam, sehingga pesan tersebut akan hilang dari obrolan.

Baca Juga: Begini Cara Aktifikan Verifikasi Dua Langkah di Akun WhatsApp

Fitur ini akan membuat pesan secara otomatis dihapus setelah tujuh hari setalah fitur dihidupkan. Dalam obrolan personal, salah satu orang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang. Sementara dalam grup, admin akan memiliki kendali atas fitur baru.

Baca Juga: Tips Merekam Panggilan WhatsApp di Android dan iOS

Berikut adalah cara menghilangkan pesan secara otomatis setelah 24 jam terkirim:

Langkah awal yang perlu diketahui sebelum mengirimkan pesan, yakni fitur disappearing message. Pertama, Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Kedua, fitur ini hanya bisa digunakan per kontak atau per satu nomor telepon.

Contoh, ketika si pengguna hanya ingin bertukar pesan dengan si A, pengguna terlebih dahulu mengaktifkan disappearing message pada kontak yang bersangkutan. Jadi, fitur ini tidak bisa diaktifkan sekaligus untuk semua pertemanan di WhatsApp.

Berikut ini cara mengaktifkannya untuk pesan-pesan pribadi:

1. Pastikan kamu telah update WhatsApp ke versi terbaru;

2. Buka WhatsApp, buka chat room dengan kontak yang ingin kamu pilih;

3. Klik pada nama atau informasi kontak tersebut;

4. Scroll ke bawah hingga menemukan "Disappearing Message" atau "Pesan Menghilang";

5. Klik menu tersebut, kemudian pilih "On".

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini