Teleskop James Weeb NASA Dijadwalkan Meluncur ke Luar Angkasa Desember Ini

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 56 2520332 teleskop-james-weeb-nasa-dijadwalkan-meluncur-ke-luar-angkasa-desember-ini-gpVGhQfiOf.jpg Teleskop (Foto: Space)

OBSERVATORIUM terbaru milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah ditetapkan tanggal peluncuran resminya.

Teleskop luar angkasa James Webb dijadwalkan akan meluncur pada pada 24 Desember 2021 pukul 09:20 waktu setempat di Guyana Prancis.

 Teleskop

Teleskop flagship tersebut kini telah dikemas di dalam kerucut hidung roket Ariane 5-nya untuk perjalanan menuju ke angkasa.

Tinjauan kesiapan peluncuran terakhir akan diadakan Selasa (21/12) untuk memastikan teleskop luar angkasa Webb siap diluncurkan.

Melansir laman Space, Senin (20/12), jika berjalan sesuai rencana, roket Ariane 5 akan diluncurkan ke landasan peluncuran di Pusat Antariksa Guiana di Kourou, Guyana Prancis.

NASA menyebut Webb sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang lebih dulu meluncur. Ilmu pengetahuan yang telah didapatkan Hubble termasuk menunjukkan alam semesta mempercepat dalam perluasannya dan menemukan bulan-bulan baru di sekitar Pluto.

Dengan begitu, proyek yang ditaksir menelan biaya sebesar USD 9,8 miliar itu siap untuk mengambil alih tongkat estafet setelah bertahun-tahun penundaan peluncurannya.

Para ilmuwan berharap teleskop akan membuka lebih luas lagi pengetahuan tentang alam semesta ini.

 Baca juga: NASA Bikin Teleskop untuk Misi Berburu Planet Pengembara

Teleskop akan melakukan perjalanan ke tempat terpencil sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi yang dikenal sebagai titik Lagrange, tempat yang stabil secara gravitasi di antara dua benda langit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini