Share

Fenomena Api Muncul dari Dasar Lautan, Begini Penjelasannya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 56 2520348 fenomena-api-muncul-dari-dasar-lautan-begini-penjelasannya-TlOIbQexHi.jpg Api magma di bawah laut (Foto: Doug Perrine)

TERNYATA fenomena api muncul dari dasar lautan itu nyata. Hal ini terjadi karena letusan gunung api bawah laut terbukti adanya berdasarkan temuan para imuwan.

Namun 14 abad lalu, jauh sebelum para ilmuwan itu lahir, Alquran sudah menyebutkan ada api di dasar laut. Dalam buku berjudul “Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah” dijelaskan bahwa setelah Perang Dunia II, para ilmuwan menjelajahi samudera dan lautan mencari bahan-bahan mineral yang cadangannya hampir habis.

 magma bawah laut

Mereka terkejut saat menemukan banyak pegunungan vulkanik terbentang di lautan sepanjang ribuan kilometer yang mereka sebut sebagai pegunungan bawah laut. Dengan mempelajari bentangan pegunungan bawah laut, jelas bahwa gunung-gunung tersebut terbentuk akibat dari letusan-letusan dahsyat gunung berapi.

Pada kedalaman 1 mil di bawah laut, lahar letusan gunung api bisa meleleh keluar dan memanas hingga menyemburkan abu-abu vulkanik. Fenomena ini bisa terjadi di seluruh lautan.

Gunung-gunung api di dasar samudra jumlahnya lebih banyak dan lebih aktif dibandingkan dengan gunung-gunung api di atas daratan. Gunung api tersebut terbentang di sepanjang dasar samudra.

 Baca juga: Daftar 17 Gunung Api di Indonesia, dari Level Normal hingga Siaga

Sebelum manusia menemukan fakta ini dan menemukan teknologi canggih untuk observasi bawah laut, Alquran telah menjelaskan fenomena sains tersebut seribuan tahun silam. Seperti tertulis dalam Surah At-Tur ayat 1 sampai 6 yang artinya sebagai berikut: "1. Demi bukit (Sinai), 2. dan kitab yang ditulis, 3. pada lembaran terbuka, 4. demi Baitul Ma'mur (Kakbah), 5. demi atap yang ditinggikan (langit), (6) dan laut yang di dalam dasarnya ada api.”

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini