Keren! China Bikin Pesawat Antariksa yang Bisa Lepas Landas di Bandara

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 56 2521192 keren-china-bikin-pesawat-antariksa-yang-bisa-lepas-landas-di-bandara-Ucyg1Pqx27.jpeg Pesawat antariksa China (Foto: News.com)

PESAWAT antariksa milik China di masa mendatang bakal bisa lepas landas dan mendarat di bandara, seperti layaknya pesawat komersial biasa.

Teknologi penerbangan luar angkasa China kini bisa dibilang telah maju melampaui Amerika Serikat, karena sekarang mereka dapat meluncurkan pesawat antariksa tanpa propulsi roket.

Artinya, pesawat antariksa tidak memerlukan lokasi peluncuran dan dapat lepas landas serta mendarat di bandara. Mengutip laman South Morning China Post, Kamis (23/12/2021), Negara Tirai Bambu itu mengembangkan pesawat antariksa yang dikenal sebagai Tengyun.

Pesawat Luar Angkasa

Baca Juga : China Umumkan Pesawat Luar Angkasa Chang'e 5 Memasuki Orbit Bulan

Pesawat tersebut memiliki sistem lepas landas dan pendaratan horizontal (HTHL). Dengan sistem ini memberikan keunggulan yang setara dengan AS, X-37B Orbital Test Vehicle (OTV) yang diluncurkan dengan roket, menurut majalah militer Naval and Merchant Ships.

“Teknologi pesawat luar angkasa China terinspirasi oleh X-37B AS, tetapi OTV Amerika masih perlu diluncurkan dengan roket, sementara China kini telah mengatasi keterbatasan ini,” kata pemimpin redaksi majalah Su Ming dalam sebuah video.

Baca Juga : Kapsul Tak Berawak Jepang Sukses Bawa Debu Pertama dari Asteroid ke Bumi

Dia merujuk pada uji terbang Tengyun yang dilakukan oleh pengembangnya, China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) milik negara, pada bulan Juli. Itu diluncurkan pada penerbangan suborbital oleh kapal induk, bukan roket.

Tes HTHL yang berhasil menunjukkan bahwa pesawat luar angkasa China di masa depan akan dapat lepas landas dari bandara mana pun di negara ini.

“Itu berarti penerbangan pesawat ruang angkasa di masa depan bisa berubah dari yang saat ini 30 kali setahun menjadi lebih dari 1.000 [setahun] – lebih seperti pesawat biasa," tuturnya.

CASC mengumumkan proyek kedirgantaraan sipil Tengyun pada 2016 lalu. Proyek ini dibangun dengan tujuan mengembangkan sistem transportasi ruang angkasa yang dapat digunakan kembali untuk menghemat biaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini