Share

Meta Ambil Tindakan Tegas terhadap Situs Phising Peniru Facebook

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 57 2520886 meta-ambil-tindakan-tegas-terhadap-situs-phising-peniru-facebook-KPi4gH1orx.jpg Metaverse (Foto: Navbharat)

META, mengambil tindakan tegas bagi para pelaku aksi phising yang meniru aplikasi di bawah perusahaannya seperti Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp.

Perusahaan mengajukan gugatan untuk mengungkap identitas sekelompok orang yang membuat lebih dari 39 ribu situs web yang dirancang untuk mengelabui pengguna.

 Facebook

Induk Facebook itu menjelaskan kalau para penjahat siber menggunakan layanan relay bernama Ngrok untuk mengalihkan trafik internet ke situs palsu yang mereka buat, sambil menutupi identitas dan lokasi asli mereka.

"Ini memungkinkan mereka untuk menyembunyikan lokasi sebenarnya dari situs phishing, dan identitas penyedia hosting online mereka dan terdakwa," kata Meta, dikutip dari Engadget, Rabu (22/12/2021).

Mulai Maret lalu, perusahaan mulai bekerja dengan layanan relai untuk menangguhkan ribuan URL yang ditautkan.

Ini bukan pertama kalinya Meta menggunakan ancaman tindakan hukum untuk mencoba menghentikan kampanye phishing yang melibatkan perusahaan.

Pada tahun 2019 dan 2020, perusahaan mengajukan tuntutan hukum terhadap OnlineNIC dan Namecheap, dua pendaftar nama domain yang mengizinkan penghuni liar dunia maya untuk mengklaim domain seperti instagrambusinesshelp.com dan whatsappdownload.site.

 Baca juga: Facebook Messenger Uji Fitur Split Bill Bawaan, Bayar Tagihan Makin Mudah!

Ketika Meta menggugat perusahaan yang terakhir pada 2020, dikatakan telah mendaftarkan 45 domain yang secara eksplisit dibuat untuk membingungkan orang.

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini