Share

Ilmuwan Telah Temukan Planet 10 Kali Lebih Besar dari Jupiter

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 56 2521511 ilmuwan-telah-temukan-planet-10-kali-lebih-besar-dari-jupiter-hiY9IqCUpj.jpg Jupiter (Foto: Scitech daily)

PARA ilmuwan telah menemukan sebuah planet yang ukurannya 10 kali lebih besar dari Jupiter, yang mengorbit di sepasang bintang di tata surya lain.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature tersebut menunjuk sebuah planet yang diberi bernama b Centauri (AB) b atau b Centauri b, dengan gambar yang diambil dengan sebuah Teleskop Besar di Observatorium Eropa Selatan, Chili.

 jupiter

Planet ini juga mengorbit di b Centauri, sebuah sistem dua bintang yang memiliki setidaknya enam kali massa Matahari dan berjarak 325 tahun cahaya dari Bumi.

Hal itu menjadikannya ssistem paling masif di mana sebuah planet telah dikonfirmasi, menurut sebuah pernyataan dari observatorium, dikutip dari South China Morning Post, Kamis (23/12/2021).

Pernyataan itu juga menjelaskan hingga saat ini, tidak ada planet yang terlihat mengelilingi bintang lebih dari tiga kali lebih besar dari Matahari.

Markus Janson, profesor astronomi di Universitas Stockholm dan penulis penelitian peer-review, mengatakan kepada USA Today bahwa pada titik tertentu ketika massa bintang meningkat, itu juga menjadi jauh lebih panas.

Hal tersebut berarti memancarkan lebih banyak radiasi berenergi yang sangat tinggi.

Observatorium mencatat massa besar dan panas dari jenis bintang ini memiliki dampak kuat pada gas di sekitarnya yang seharusnya bekerja melawan pembentukan planet.

 Baca juga: Jupiter Dihantam Asteroid, Ini Penjelasannya

Dan sebelum penemuan planet ini, beberapa ilmuwan percaya bahwa planet tidak mungkin ada di dekat bintang sebesar dan sepanas ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini