Sentuh Matahari, Ini Misi Pesawat NASA

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 56 2521890 sentuh-matahari-ini-misi-pesawat-nasa-oK2IC6zuYg.jpg Pesawat sentuh matahari (Foto: New scientist)

PESAWAT Parker Solar Pro yang merupakan pesawat ruang angkasa milik NASA, berhasil menjadi pesawat yang pertama menyentuh matahari.

Parker Solar Probe berhasil terbang melalui korona matahari, atau atmosfer bagian atas. Misinya yakni mengambil sampel partikel dan medan magnet.

 menuju matahari

Sekedar informasi, panasnya Korona mencapai satu juta derajat Kelvin (1.800.000 derajat Fahrenheit) pada titik terpanasnya, sedangkan permukaannya sekitar 6.000 Kelvin (10.340 derajat Fahrenheit).

Diluncurkan pada tahun 2018, Parker berada 8 juta mil (13 juta km) dari pusat matahari ketika pertama kali melintasi batas bergerigi dan tidak rata antara atmosfer matahari dan angin matahari yang keluar.

Para ilmuwan mengatakan butuh beberapa bulan untuk mendapatkan data kembali dan kemudian beberapa bulan lagi untuk mengkonfirmasi.

“Sangat menarik,” kata ilmuwan proyek Nour Raouafi dari Universitas Johns Hopkins, dikutip dari South China Morning Post.

Pesawat ruang angkasa itumasuk dan keluar dari korona setidaknya tiga kali, masing-masing transisinya berjalan dengan mulus.

 Baca juga: Rekor! Wahana Antariksa NASA Masuki Jarak Terdekat dari Matahari

Dengan sejarah baru ini, dapat memberi manusia wawasan yang lebih dalam tentang evolusi Matahari dan dampaknya terhadap tata surya, tetapi semua yang dipelajari tentang bintang ini sendiri juga mengajarkan lebih banyak tentang bintang-bintang di alam semesta lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini