Share

Pemakaian Gadget Meningkat, Ini Tips Jaga Anak Aman di Dunia Maya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 57 2522014 pemakaian-gadget-meningkat-ini-tips-jaga-anak-aman-di-dunia-maya-GRL3ZTTuow.jpg Anak main gadget (Foto: pixabay)

SELAMA masa pandemi Covid-19 anak-anak tentu semakin dekat dengan gadget. Hal ini disebabkan karena intensitas penggunaan gadget untuk belajar maupun mencari hiburan semakin tinggi.

Tentunya orangtua harus bisa mengeola kondisi ini dengan baik agar tidak menyebabkan dampak negatif pada anak itu sendiri.

 anak main gadget

Tanpa pengawasan yang ketat dari orang tua, kebiasaan anak akan cenderung kecanduan terhadap gadget yang dimilikinya dan berada dalam bahaya. Anak yang sudah kecanduan gadget dan tidak bisa mengontrol diri akan berdampak kepada tumbuh kembangnya.

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Jumat (24/12/2021), berikut beberapa tips cara menjaga anak tetap aman berselancar di dunia maya menurut United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) Indonesia.

1. Berkomunikasi jujur dan terbuka kepada anak tentang cara berkomunikasi di dunia maya.

2. Manfaatkan fitur pelindung teknologi,seperti program antivirus terbaru dan pengaturn privasi.

3. Temani anak saat mengakses internet dan ajarkan sikap yang baik dan empati saat berinteraksi secara virtual.

4. Dorong anak untuk melapor jika melihat atau mengalami masalah di dunia maya seperti jika merasa diancam, diganggu, hingga pembulian.

 Baca juga: Pandemi dan Gadget Bikin Perpustakaan Makin Sepi Pengunjung

5. Seimbangkan kegiatan anak di dunia maya dengan kegiatan fisik, termasuk kegiatan di rumah atau di luar rumah jika memungkinkan

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini