5 Tokoh yang Pernah Membicarakan Metaverse, Salah Satunya Jokowi

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 57 2523224 5-tokoh-yang-pernah-membicarakan-metaverse-salah-satunya-jokowi-dWvTKRPZoL.jpg Metaverse (Foto: Analytic india magazine)

SAAT ini teknologi Metaverse banyak diperbincangkan oleh publik sejak Facebook mengganti nama menjadi Meta karena ingin mengembangkan platform Metaverse.

Padahal sejatinya, Metaverse pertama kali muncul pada 1992 dalam Novel Snow Crash karya Neal Stephenson. Nah, berikut ini 5 tokoh yang pernah membicarakan Metaverse, siapa saja?

 Jokowi

1. Presiden Joko Widodo

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengenang pertemuannya dengan Mark Zuckerberg, CEO Facebook yang saat ini berganti nama menjadi Meta. Pertemuan keduanya terjadi di kantor Facebook di Menlo Park, California, AS, Rabu (17/2/2016). Pada kesempatan tersebut, Jokowi mendapat bisikan soal Metaverse dari Zuckerberg.

Menurut Jokowi, saat ini perusahaan di dunia sedang berlomba untuk membangun Metaverse. Maka dari itu Jokowi mendorong Indonesia untuk menyiapkan sebuah strategi agar tidak tertinggal jauh oleh negara lain.

2. Syahrini

Penyanyi cantik Syahrini merilis avatar dirinya di Metaverse dalam bentuk NFT (Non-Fungible Token). NFT berhijab Syahrini ini merupakan pertama di dunia. Tampilan avatar Syahrini yang menggunakan hijab terlihat cantik. Dia mengunggah avatar dengan warna baju yang didominasi warna ungu pada 14 Desember 2021 di akun Instagramnya. Diketahui, Avatar hijab Syahrini ini terjual dalam waktu beberapa jam.

Untuk membeli avatar hijab Syahrini, dia hanya mengizinkan token Binance atau mata uang Metaverse seharga 20 BUSD, setara USD19,99 atau Rp287.000.

3. Mark Zuckerberg

Pada 28 Oktober 2021, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengubah nama Facebook menjadi Meta. Nama baru dipilih untuk mencerminkan fokus perusahaan dalam membangun Metaverse. Metaverse sudah sejak lama diajukan oleh CEO Facebook ini.

Hal ini sebagai bentuk masa depan internet, di mana seseorang tidak lagi diharuskan untuk bertemu secara fisik. Menurut Zuckerberg, perubahan nama ini menjadi bagian dari caranya memandang pengalaman masa lalu.

4. Elon Musk

Baru-baru ini Metaverse menjadi tren yang banyak diperbincangkan. Namun Ceo SpaceX dan Tesla, Elon Musk mengaku tidak tertarik dengan teknologi Metaverse. “ Saat ini saya tidak bisa melihat situasi Metaverse yang menarik,” ujar Musk, dikutip dari The Verge.

Elon Musk mengkritik Metaverse karena dia belum menemukan contoh penggunaan yang menarik untuk teknologi tersebut.

Ia mengatakan, tidak yakin seseorang mau memasang layar di wajah mereka setiap hari, tidak mau pergi ke mana-mana, rasanya tidak mungkin.

 Baca juga: Elon Musk Sebut Metaverse Tidak Menarik


5. Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi bahwa tiga tahun mendatang, rapat kantor akan diadakan di Metaverse. Hal ini diungkapkannya melalui Fortune, pada Minggu (12/12/2021). Dia percaya, dibandingkan bertemu secara langsung di kantor, rapat menggunakan avatar untuk interaksi dan dilengkapi dengan teknologi motion capture serta audio spasial akan membuat Metaverse terasa seperti kehidupan nyata.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini