5 Teknologi yang Diperlukan dalam Mengoperasikan Metaverse

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 57 2523751 5-teknologi-yang-diperlukan-dalam-mengoperasikan-metaverse-2FHT1EzxyG.jpg Metaverse (Foto: Freepik)

METAVERSE merupakan sebuah dunia virtual yang mempertemukan manusia satu sama lain melalui perangkat AR/VR, sehingga seolah-olah berada di dunia nyata bersama.

Teknologi Metaverse semakin populer usai Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta.

Namun, dalam penerapannya Metaverse membutuhkan beberapa teknologi yang mendukung kinerjanya. Berikut beberapa teknologi yang diperlukan dalam dunia Metaverse.

 Metaverse

1. Virtual Reality

Virtual Reality atau sering dikenal VR merupakan teknologi yang bisa membawa seseorang masuk ke dunia digital. User dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Melalui VR, pengguna Metaverse akan dapat menyaksikan aspek visual dari Metaverse yang mendekati kenyataan.

2. Augmented Reality

Pada dasarnya Augmented Reality mensimulasikan objek buatan di lingkungan nyata. Augmented Reality (AR) akan menjadi pelengkap VR yang menghadirkan fitur audio dan sensorik. Hal ini tentu memungkinkan pengguna Metaverse dapat berinteraksi secara langsung. Selain itu, AR membutuhkan kamera, device monitor atau HMD agar benda maya tambahan dapat berjalan secara real-time.

3. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence adalah teknologi yang dapat menghubungkan setiap perangkat. Seseorang dapat mengotomatisasi semua perangkat tanpa harus berada di lokasi. Hal ini memberikan kemudahan bagi sektor pemerintahan maupun industri. Artificial Intelligence menjadi teknologi komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Dunia metaverse memerlukan Artificial Intelligence guna meniru fungsi kognitif manusia.

4. Mata Uang Digital

Diketahui bahwa ke depannya dalam Metaverse akan ada transaksi keuangan yang memerlukan mata uang digital sebagai alat transaksi finansial. Metaverse akan menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayaran jual beli maupun kendaraan investasi.

 Baca juga: Dunia Metaverse Bukan Media Baru, Ini Penjelasan Pakar Unair

5. Koneksi Internet

Seperti yang kita tahu bahwa Metaverse adalah teknologi yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lain secara virtual. Oleh karena itu, dalam menerapkan Metaverse sangat diperlukan koneksi internet yang cepat. Kini, dunia juga tengah mempersiapkan jaringan 5G guna menunjang Metaverse tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini