Share

Pengalaman Presiden Jokowi Main Pingpong Virtual, Tidak Pakai Bet Tapi Keringetan

Bima Setiyadi, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 54 2524231 pengalaman-presiden-jokowi-main-pingpong-virtual-tidak-pakai-bet-tapi-keringetan-4DxvgXSav4.jpg Presiden Jokowi (Foto: Inst)

PERKEMBANGAN teknologi semakin maju. Apalagi kini Metaverse makin berkembang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta semua pihak bersiap menghadapi kemajuan teknologi. Tujuannya, agar Indonesia tidak ketinggalan dengan bangsa lain.

Rupanya Presiden Jokowi punya pengalamanya bermain pingpong dengan Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg beberapa tahun lalu. Ia menceritakan kegiatan bermain pingpong secara virtual, namun terasa seperti bermain sungguhan.

 Metaverse

Permainan itu tak menggunakan bet maupun bola pingpong sungguhan lantaran dimainkan menggunakan teknologi virtual reality (VR) Oculus Rift.

"Saya ingat betul ketemu dengan pemilik Facebook Mark Zuckerberg. Main pingpong tapi tidak ada bola pingpong bersama-sama 100%. Tak tok tak tok, keringetan juga," kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Muktamar ke 34 Nahdlatul Ulama di Lampung Tengah beberapa waktu lalu.

Saat itu, Mark berbisik kepada Presiden Jokowi bahwa perubahan seperti itu awal dan nanti ke depan memungkinkan setiap kegiatan menjadi virtual.

Zuckerberg juga menyampaikan bahwa dengan kemajuan teknologi, setiap orang bisa membeli lahan virtual, membangun bisnis virtual. Bahkan, dapat dibangun mal, gym, hingga wisata virtual.

"Dia memberitahu saya, Presiden Jokowi, nanti dalam 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong. Setiap orang nanti bisa membeli lahan virtual, bisa membangun bisnis virtual sendiri, dan ada mall virtual, game virtual, kantor virtual," kata Presiden Jokowi menirukan pernyataan Mark dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengaku dia tidak bisa membayangkan bagaimana mungkin dunia virtual terjadi. Namun, di masa pandemi ini akhirnya dia memahami jika kemajuan digital menjadi hal yang tidak mungkin bisa diterima.

"Saat itu saya belum bisa membayangkan seperti apa sebenarnya tapi sekarang saya bisa mengerti betul bahwa kemajuan digital ini tidak bisa kita cegah lagi dan sudah masuk," tegasnya.

Jokowi mengatakan, saat ini perusahaan besar tengah berlomba untuk membangun teknologi digital raksasa. Seperti Facebook yang kini berubah menjadi Meta. Ada pula Epic Games, Roblox, dan Microsoft yang juga telah membangun metaverse.

Sementara di Tanah Air terdapat 2.319 start up yang terus bertambah setiap harinya. Selain itu, ada juga satu perusahaan decacorn, tujuh unicorn, dan banyak soonicorn.

 Baca juga: Elon Musk Sebut Metaverse Tidak Menarik

Melihat kondisi ini, Presiden Jokowi kemudian meminta semua pihak bersiap menghadapi kemajuan teknologi. Tujuannya, agar Indonesia tidak ketinggalan dengan bangsa lain

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini